Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni Sebut Program Gresik Kabupaten Lengkap Bisa Percontohan di Indonesia 

GRESIK,1minute.id – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juliantoni melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kantor BPN Gresik pada Jumat, 9 September 2022.

Kedatangan Raja Juli Antoni untuk melihat dari dekat proses pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di BPN Gresik. PTSL salah satu upaya menuju Gresik Kabupaten Lengkap terkait dengan pendataan, pemetaan dan sertifikat tanah secara sistematis.

Raja Juliantoni mengapresiasi terobosan BPN Gresik yang dipimpin oleh Asep Heri itu. Sebab, menurut Raja Juli Antoni belum ada Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia yang mempunyai program tersebut. Yakni “Gresik Kabupaten Lengkap”.

Menurut Raja Juli Antoni, PTSL ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi masyarakat, terutama terhadap masyarakat dengan kondisi ekonomi yang dibawah rata-rata.

“Ketika masyarakat memperoleh pelayanan melalui PTSL ini, maka tanah yang belum bersertifikat dapat segera mempunyai legalitas dan kepastian hukum. Sebab, tanah adalah aset yang berharga bagi mereka, terutama masyarakat yang kondisi ekonomi dibawah rata-rata. Berarti aset yang mereka miliki kedepan mempunyai nilai tambah dan mempunyai kepastian hukum yang jelas,”kata Raja Juli Antoni.

Raja Juli Antoni tiba di kantor BPN Gresik di Jalan Permata, Kompleks Perumahan Bunder Asri, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik sekitar pukul 09.00 WIB. Lelaki kelahiran Pekanbaru, 13 Juli 1977 itu disambut oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis, dan Kepala BPN Gresik Asep Heri.

Ia melanjutkan, PTSL menuju Gresik Kabupaten Lengkap ini adalah program yang memberi kemudahan masyarakat dan sebagai wujud hadirnya pemerintah ditengah masyarakat. “Sehingga ini layak untuk dijadikan percontohan bagi daerah lain,”tegas pendirian Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini.

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan dukungan dan apresiasi selaku pemerintah daerah atas program yang dicanangkan oleh BPN Gresik. Menurutnya, masyarakat akan sangat terbantu dengan adanya program tersebut. “PTSL adalah salah satu upaya pemulihan ekonomi, terutama bagi masyarakat yang kurang beruntung. Ini akan menjadi satu stimulus bagi masyarakat, sebab aset tanah yang dimiliki mempunyai nilai tambah,”kata mantan Ketua DPRD Gresik itu.

Sebab, imbuh Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani, program Gresik Kabupaten Lengkap ini nantinya akan memudahkan pemerintah  daerah dalam menentukan arah dan perencanaan pembangunan jangka panjang. “Kami dijajaran pemerintah daerah juga merasa terbantu dengan kelengkapan data yang ada. Kedepan akan menjadi acuan dalam menentukan arah dan rencana pembangunan jangka panjang yang dilakukan oleh pemerintah daerah,”katanya. (yad)