Percepat Pemulihan Ekonomi, BPN “Gendong” UMKM Naik Kelas 

GRESIK,1minute.id – Bazar UMKM Naik Kelas di Kantor ART/BPN Gresik ditutup nanti sore, Jumat, 16 September 2022. Transaksi di event rangkaian Bulan Bakti Agraria dan Tata Ruang mencapai puluhan juta selama 3 hari, mulai Rabu, 14 September 2022.

Puluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan kantor BPN/ATR Gresik semringah. Mereka kembali bergairah setelah dua tahun tiarap akibat wabah pandemi Covid-19 itu. Ilham, pengerajin Batik Pitutur Cerme, Gresik, Sujud Craft Menganti dan lainnya bisa tersenyum. Karena di bazar kali pertama yang dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Koperindagkop

Percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 terus digeber. Sejumlah bazar melibatkan UMKM digelar di sejumlah tempat di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. Terbaru, Bazar UMKM Naik Kelas di halaman Kantor ATR/BPN Gresik. 

Bazar melibatkan puluhan UMKM digelar selama 3 hari, dibuka oleh Kepala BPN/ATR Gresik Asep Heri pada Rabu, 14 September 2022. Hari pertama transaksi berdasarkan kupon yang terjual sebesar Rp 10 juta. 

BAZAR UMKM: Plt Kepala Diskoperindag Malahatul Fardah (tengah) memborong bumbu masakan dalam kemasan di Bazar UMKM Naik Kelas di Kantor BPN Gresik pada Rabu, 16 September 2022 (Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Bazar UMKM Naik Kelas ini untuk memeriahkan Bulan Bakti Agraria dan Tata Ruang sangat meriah. UMKM yang terlibat beraneka macam. Ada pengerajin tenun sarung, batik, handy craft,  sarung tenun, dan UMKM kuliner lain laku keras.

Kepala Kantor BPN Gresik Asep Heri mengatakan, Bazar UMKM Naik Kelas untuk memberikan motivasi kepada pelaku UMKM di Gresik untuk percepatan recovery ekonomi. Sebab, selama 2,5 tahun pendemi Covid-19 mereka terpuruk. “Kita berikan semangat, sehingga kepercayaan diri cepat pulih,”kata Asep Heri.

Untuk menggugah semangat pelaku UMKM, imbuhnya, pihaknya siap “menggendong”, memberikan fasilitas pojok UMKM, Bazar UMKM hingga promosi. “Sehingga, UMKM bisa cepat naik kelas. Tahun depan UMKM harus naik pamor (ekspor, Red),”tegasnya. 

Upaya percepatan pemulihan ekonomi yang dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Gresik, diantaranya terus mendorong pengadaan barang dan jasa dengan mengutamakan pembelian produk dalam negeri dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Bahkan, nantinya seragam batik bisa menggunakan produk batik binaan BPN Gresik,”ujarnya. 

Menurut Asep, dengan diadakan UMKM ini untuk membantu pemerintah dan memasarkan. Selain itu, tugas kita untuk mempercepat perekonomian. Sehingga bisa menumbuhkembangkan UMKM. “Mudah-mudahan tahun depan UMKM binaan BPN Gresik bisa manggung di tingkat Provinsi dan Nasional,” harapnya.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN Gresik) terus mendorong pengadaan barang dan jasa dengan mengutamakan pembelian produk dalam negeri dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Acara ini dihelat selama tiga hari,”pungkasnya.

Pembukaan Pameran UMKM ditandai dengan pemotongan pita oleh Plt Kepala Dinas Koperasi Gresik Malahatul Fardah bersama dengan Kepala Kantor Pertanahan  Gresik Asep Heri dan Ketua Ikawati Hj Dewi Rubadiah Asep Heri. (yad)