Rektor UMG Wafat, Civitas Akademika Berduka

GRESIK,1minute.id Civitas akademi Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) berduka. Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) Eko Budi Leksono wafat. Lelaki 49 tahun itu meninggal usai bulu tangkis sekitar pukul 10.00 WIB. 

Eko meninggalkan seorang istri dan dua anak. Direncanakan jenazah akan di makamkam di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik badal isya. “Jenazah sebelum dimakamkan akan di salatkan di masjid Faqih Usman Kampus UMG,”ujar Khamsun, salah satu sahabat almarhum Eko Budi Leksono pada Ahad, 18 September 2022.

Kabar meninggalnya Eko Budi Leksono membuat civitas akademik UMG seakan tidak percaya. Sebab, alumnus Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) itu segar. Tidak pernah mengeluh sakit. 

Menurut Daifi, minggu pagi Eko Budi Leksono ikut bermain bulutangkis di Jalan Brotonegoro, Kompleks Perumahan Gresik Kota Baru (GKB), sekitar 1 kilometer dari rumahnya. Eko bermain dua set, draw. Selama 15 menit beristirahat. Duduk di kursi sambil berbincang dengan teman-temannya. Tiba-tiba tubuh Eko lemas dan ambruk. 

Eko kemudian dibawa ke Klinik Satelit Petrokimia Gresik. Namun, tuhan berkehendak lain. Eko meninggal di usia 49 tahun. 

Kiprah Eko Budi Leksono

Pria kelahiran 11 Januari 1973 itu adalah dosen PNS Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) yang diperbantukan ke UMG. Mengutip dari suaramuhammadiyah.id Eko mulai mengajar di UMG sejak 1998, sebagai dosen Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik.

Pada 2003-2005 Eko Budi sempat menduduki Ketua Program Studi Teknik Industri UMG. Dia juga pernah merangkap jabatan sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada 2003-2006.

Pada 2005-2009 karier lebih tinggi lagi sebagai Dekan Fakultas Tekni merangkap Pembantu Rektor I Bidang Akademik dan berlanjut sebagai Wakil Rektor UMG I 2009-2013. Hingga kemudian Eko Budi Leksono mendapat amanah dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Rektor UMG periode 2021-2025.

Almarhum Eko Budi Leksono dikenal sebagai sosok pemimpin yang amat ramah, baik kepada semua orang, tegas, dan sangat dekat dengan mahasiswa. Kebaikan bapak selalu melekat di hati.

Dalam unggahan resmi UMG berdo’a Semoga Allah SWT memperluas kuburannya dan memberinya kedamaian abadi. Allah Maha Penyayang terhadap orang yang beriman padanya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. 

Sekitar pukul 12.45 WIB Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah melakukan takziah ke rumah duka Eko Budi Leksono Jalan Banjar Baru I , Kompleks Perumahan Gresik Kota Baru (GKB). (yad)