Nguri-uri Budaya Islam, Ribuan Anak TPQ Kirab Budaya Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim 

GRESIK,1minute.id – Ribuan anak Taman Pendidikan Quran (TPQ) melakukan kirab budaya pada Minggu, 9 Oktober 2022. Nguri-uri budaya Islam. Kirab memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul ke-622 Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Kirab budaya Islam berangkat dari depan Pendapa Bupati Gresik di Jalan KH Wachid Hasyim, Gresik sekitar pukul 07.00 WIB. Rute kirab Jalan Pahlawan, Jalan KH Agus Salim dan finishing di Jalan Malik Ibrahim, depan makam Waliyullah itu. 

Kirab budaya Islam ini, rangkaian kegiatan Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim di hari kedua berlangsung meriah. Rombongan pertama yang berangkat adalah siswa memakai kostum 9 Waliyullah. Selanjutnya, para santri yang busana muslim dan muslimah. 

Syekh Maulana Malik Ibrahim, penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Maulana Malik Ibrahim dikenal Sunan Gresik itu, wafat pada 1419 M atau hari Senin, 12 Rabiul Awal 822 Hijriah. Makamnya di Jalan Malik Ibrahim Desa Gapurosukolilo, Kecamatan/Kabupaten Gresik. Menurut juru kunci makam Syekh Maulana Malik, sebelum wabah pandemi Covid-19, sekitar 1,5 juta sampai 2 juta orang yang berziarah.

“Setiap hari minimal 5 ribu peziarah. Kalau di rata-rata 20 ribu wisatawan religi,”kata Sudasir, juru kunci Makam Syekh Mualana Malik Ibrahim pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Jumlah wisatawan rohani itu melebihi populasi penduduk di Gresik yang berkisar 1,2 juta jiwa. (yad)