Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim Khidmat, Ribuan Jemaah Berdoa dan Bersalawat, Gresik Terasa Sejuk 

GRESIK,1minute.id – Haul ke-622 Syech Maulana Malik khidmat pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Ribuan jemaah menyemut untuk mengikuti Haflatul Maulid dan Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim dipusatkan di Gedung Yayasan Makam Syekh Mualana Malik Ibrahim itu. Gedung dua lantai penuh jemaah. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

Revitalisasi jalan Malik Ibrahim yang belum kelar tidak menghalangi jemaah datang untuk ngalab berkah yang menghadirkan dua orang penceramah agama yakni Ahmad bin Abu Bakar Assegaf dari Gresik dan Habib Husein bin Alwi bil Agil, Probolinggo itu. Sejak pukul 08.00 , jemaah berdoa dan bersalawat kepada junjungan nabi Muhammad SAW itu. Suasana Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik itu terasa semakin sejuk. “Semoga semua doa kita diterima oleh Allah SWT,”kata Habib Husein dalam ceramahnya. 

Syekh Maulana Malik Ibrahim, penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Maulana Malik Ibrahim dikenal Sunan Gresik itu, wafat pada 1419 M atau hari Senin, 12 Rabiul Awal 822 Hijriah. Makamnya di Jalan Malik Ibrahim Desa Gapurosukolilo, Kecamatan/Kabupaten Gresik. Menurut juru kunci makam Syekh Maulana Malik, sebelum wabah pandemi Covid-19, sekitar 1,5 juta sampai 2 juta orang yang berziarah. Jumlah wisatawan rohani itu melebihi populasi penduduk di Gresik yang berkisar 1,2 juta jiwa. 

MAKAM SYEKH MUALANA MALIK IBRAHIM: Wisatawan religi berdoa di makam Syekh Maulana Malik Ibrahim di Desa Gapurosukolilo, Kecamatan/Kabupaten Gresik pada Sabtu, 8 Oktober 2022 ( Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Dalam pengamatan wartawan 1minute.id, Haul ke-622 Syekh Maulana Malik Ibrahim, Waliyullah ini terasa berbeda. Panitia haul menggandeng UMKM untuk membuka lapak di sepanjang jalan Malik Ibrahim, Gresik. Namun, kondisi jalan berdebu tidak banyak pedagang berpartisipasi pada Sabtu pagi. Sementara itu, di dalam makam Syekh Maulana Malik, wisatawan religi terus mengalir. Nisan Waliyullah, pemyebar agama Islam di Indonesia “diselumuti” bunga melati. Harum semerbak.

Haul ke-622 Syekh Maulana Malik Ibrahim digelar selama tiga hari, dimulai Sabtu – Senin, 8-10 Oktober 2022. Pada Sabtu dini hari diawali Dzikrudz Dzakirin dilanjutkan Salat Subuh berjamaah. Setelah itu, Semaan Alquran kemudian Haflatul Maulid dan Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim dilanjutkan Semaan Alquran. Pada Sabtu malam, Maudhotul Hasanah bersama Jimmiyah Al Ittihad yang diasuh oleh Ahmad Faiz Tajul Milla dari Surabaya.

PKL : Hari pertama Haul ke-622 Syekh Maulana Malik. Kondisi Jalan Malik Ibrahim, Desa Gapurosukolilo, Kecamatan/Kabupaten Gresik pada Sabtu, 8 Oktober 2022

Pada Ahad, 9 Oktober 2022 arak-arakan 1.600 siswa TPQ dari Pendapa Bupati Gresik Alun-alun Gresik menuju makam Syekh Maulana Malik Ibrahim. Malam harinya, Gresik Ber-Selawat bersama Habib Muhammad bin Alwi bin Haddad, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ilmi Waddawah, Citeureup, Bogor, Jawa Barat. 

Pada Senin, 10 Oktober 2022 Tahlil Wanita dan pengajian umum. Pada malam harinya, Hadrah Ishari dari Jatim. (yad)