Penasaran Ubin Kuning di Trotoar Kawasan Heritage Gresik Kota Lama untuk ini

GRESIK,1minute.id – Penciptaan kota yang inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan merupakan satu dari tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Kota mempertimbangkan keselarasan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Salah satu cerminan penataan kota berkelanjutan adalah keberadaan fasilitas publik seperti trotoar untuk memberikan kualitas hidup yang baik kepada warganya.

Seperti etalase kehidupan warga kota, trotoar menjadi tolok ukur yang menunjukkan peradaban dan identitas sebuah kota maju. Karena itu, kota-kota di sejumlah negara termasuk Indonesia, gencar melakukan revitalisasi trotoar untuk menghadirkan fasilitas publik yang layak bagi warganya.

TROTTOIR : Kondisi trotoar di kawasan heritage di Gresik Kota Lama di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Bedilan, Kecamatan/Kabupaten Gresik pada Sabtu, 15 Oktober 2022 (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Diantaranya, revitalisasi trotoar di kawasan heritage di Gresik Kota Lama (GKL). Ada tujuh ruas jalan yang di revitalisasi di  kawasan heritage, Gresik Kota Lama (GKL). Diantaranya, kawasan heritage di Jalan Basuki Rahmat, Kabupaten Gresik. Trotoar yang dibangun menggunakan anggaran pemerintah pusat, tepatnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Direktorat Jenderal Cipta Karya, Balai Prasarana Permukiman, Jawa Timur ini sudah terlihat ciamik pada Sabtu, 15 Oktober 2022.

Meski pembangunan trotoar dalam bahasa Belanda : Trottoir ini belum kelar seratus persen. Trotoar menggunakan lantai warna hitam,  abu-abu lalu setrip ubin warna kuning. Ubin warna kuning yang membentuk mirip garis terlihat mencolok. 

Pertanyaannya, ubin yang berwarna kuning apa gunanya dan apa artinya ? Ternyata, ubin warna kuning berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber  biasa disebut guiding block atau jalan pemandu yang merupakan fasilitas bagi penyandang disabilitas, khususnya tunanetra.

Jalur berwarna kuning yang biasanya ditemukan di atas trotoar itu dibangun untuk memberikan kemudahan bagi penyintas disabilitas, khususnya penyandang tuna netra yang melintasi trotoar tersebut.

Kenapa guiding block berwarna kuning?Penggunaan warna kuning atau jingga di guiding block bermaksud untuk memberikan perbedaan warna antara ubin jalur pemandu dengan ubin lain. Selain itu, pemasangan guiding block di jalur pedestrian yang sebelumnya telah ada juga perlu memperhatikan tekstur dari ubin agar tidak terjadi kebingungan. Kini, Anda sudah mengetahui fungsi ubin warna kuning itu. (yad)