Dua Wabup Perempuan Khusyuk Berdoa di Makam Syekh Mualana Malik Ibrahim

GRESIK,1minute.id – Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti berziarah ke Makam Maulana Malik Ibrahim pada Jumat, 14 Oktober 2022.  Wabup Iswanti didampingi oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Camat Gresik Agung Endro Dwi Setyo Utomo.

Wabup Aminatun Habibah  menceritakan latar belakang Kabupaten Gresik yang memiliki alias Kota Santri, serta memiliki 2 dari 9 Waliyullah yang tersebar di Pulau Jawa kepada Iswanti yang juga Ketua Pengurus Wilayah Fatayat Kalimantan Tengah itu.

“Dua Waliyullah itu ada Raden Paku atau Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim. Karena itu juga menjadi alasan Gresik memiliki nama lain yaitu Kota Santri,” terang Bu Min-sapaan karib-Wakil Bupati Aminatun Habibah itu. 

Saat berziarah  ke makam Syekh Maulana Malik Ibrahim dilanjutkan ke makam Bupati Gresik pertama, KRT Poespo Negoro mereka terlihat khusyuk berdoa. Setelah selesai berziarah Wabup Iswanti pamit undur diri. Kunker Wabup Iswanti adalah kunjungan balasan. Sebelumnya, Wabup Gresik Aminatun Habibah melakukan kunker ke Kabupaten Seruyan ketika menghadiri pembukaan dan menyemangati para peserta MTQ ke-XXIX  2022 asal Gresik di Kalimantan Selatan. 

MTQ Nasional itu dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Sebanyak 4 kafilah asal Gresik yang mewakili Jawa Timur yang mengikuti MTQ tersebut. Sebelum berziarah, Wabup Iswanti berkunjung ke kantor Bupati Gresik di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Wabup berhijab itu sambut Bu Min-sapaan karib-Wakil Bupati Aminatun Habibah.  Dalam kunker itu, Iswanti mendapatkan jamuan makanan dan kuliner khas Gresik yakni Nasi Krawu, Otak-otak Bandeng dan Pudak. 

“Terimakasihnya atas sambutan hangatnya. Semoga kunjungan kali ini dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak,”ucap Wabup Iswanti.  (yad)