Rescue Jari Manis Bengkak Terlilit Cincin hingga Hewan Reptil 

GRESIK,1minute.id – Musim hujan tiba. Hewan liar berkeliaran. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik bagai superhero memberikan pertolongan kepada warga Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. 

Kali ini, petugas Damkar Gresik mendatangi rumah seorang warga di Jalan Mayjend Sungkono, Desa Prambangan, Kecamatan Kebomas pada Rabu, 19 Oktober 2022. Sebab, rumah tersebut disatroni seekor biawak. Hewan reptil dengan panjang 80 centimeter masuk ke atas rumah tersebut. 

Sebanyak delapan personil dikerahkan untuk menangkap biawak itu. Petugas butuh waktu 45 menit untuk menjinakkan biawak tersebut. Kepala Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, tim Rescue diterjunkan setelah mendapatkan laporan dari Ny Sofiadi. “Ini penyelamatan ke-24 di bulan ini,”kata Sinaga. 

Sehari sebelumnya, petugas Damkar melakukan pertolongan seorang warga di Jalan Arjuna, Desa Bedanten, Kecamatan Bungah. M. Ubaidilah, penghuni rumah tersebut jari manis kirinya bengkak. Cincin nikah pun tidak bisa dilepas. 

Ubaidilah sudah melakukan berbagai upaya untuk melepaskan cincin yang melingkar di jari manisnya itu. Upaya gagal. Jari manis terluka. “Korban akhirnya meminta bantuan kami untuk melepaskan cincin itu. Butuh waktu hampir satu jam untuk memotong cincin itu,”katanya. (yad)