Polisi Bekuk Pencuri di Ruang Guru SDN Mriyunan, Profesi Asli Penjual Minyak Oles Keliling 

GRESIK,1minute.id – Identitas pencuri yang mengobok-obok ruang guru di SDN Mriyunan, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik terungkap. Pelaku bernama Ovan, 45 tahun.  Ia warga Desa Bali, Kecamatan/Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ovan yang berprofesi pedagang minyak oles keliling itu indekos di Desa Medaeng, Waru, Kabupaten Sidoarjo. 

Saat ini, tersangka dugaan pencurian gawai dan komputer jinjing milik guru di SDN 263 Gresik atau SDN Mriyunan, Kecamatan Sidayu itu dibekuk tim buru sergap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Gresik di kawasan Terminal Bungurasih, Sidoarjo. Anak buah Iptu Wahyu Rizki Saputro, Kasatreskrim Polres Gresik mengamankan sebuah gawai atawa smarphone Oppo Reno5. Sedangkan, laptop atau komputer jinjing milik Badrut Tamam telah di lego seharga Rp 500 ribu. 

“Tersangka kami tangkap Sabtu malam di kawasan Terminal Bungurasih, Sidoarjo,”kata Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kasatreskrim Polres Gresik Iptu Wahyu Rizki pada Selasa, 18 Oktober 2022. Selain mengamankan barang bukti hasil kejahatan berupa smarphone. Tim Buser Rayon Utara juga menyita sebuah tas ransel warna hitam bertuliskan Indonesia, sebuah Topi warna hitam kombinasi putih serta alat sepeda motor  Yamaha Mio warna merah Marun nopol W-4461-VX.

“Tersangka dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,”imbuh Wahyu Rizki Saputro. Seperti diberitakan, salah satu ruang guru di sekolah dasar di Desa Mriyunan, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik diobok-obok maling. Sebuah gawai dan komputer jinjing milik salah satu guru di sekolah itu di gondol oleh pencuri. Aksi solo pemuda bertopi, memakai kaus warna dasar putih motif garis, celana jins dan memakai sendal itu terekam kamera pengintai di ruang guru itu. 

Dalam rekaman closed circuit television (CCTV) yang viral di media sosial itu, aksi lelaki yang belum diketahui identitasnya itu terjadi pada Senin, 10 Oktober 2022 sekitar pukul 10.26 WIB. Dalam rekaman video aksi maling itu berdurasi 1 menit. Saat itu, ruang guru dalam kondisi sepi.

Seorang pemuda masuk salah satu ruang guru di Desa Mriyunan, Kecamatan Sidayu. Pemuda itu memakai topi, kaus warna dasar putih motif garis horizontal, celana jins dan memakai sendal. Pemuda misterius itu memakai masker di bagian mulut hingga dagu dan membawa tas ransel yang diletakkan di bagian depan. (yad)