Debit Air Kali Lamong Menurun, Camat Pantau Tanggul Desa

GRESIK,1minute.id – Debit air Kali Lamong menurun. Sejumlah Camat yang berada di aliran Kali Lamong melakukan pemantauan tanggul desa. Sebab, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya hasil berpotensi turun dengan intensitas rendah, sedang hingga tinggi. 

Debit air Kali Lamong pun berpotensi tinggi apalagi di daerah hulu mulai Mojokerto dan Lamongan terjadi hujan lebat. Camat Menganti Gunawan Purna Atmaja, misalnya. Mantan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Gresik memantau tanggul di Taman Gading di Desa Gadingwatu. 

Sejumlah warga setempat mengkhawatirkan tanggul tersebut jebol. “Saya sudah berkoordinasi dengan PUTR Gresik untuk penguatan tanggul. Mumpung debit air Kali Lamong menurun,”kata Gunawan dikonfirmasi telepon selulernya pada Selasa, 25 Oktober 2022.

“Semoga bagian hulu (Mojokerto dan Lamongan) tidak turun hujan lebat,”imbuhnya. Banjir Kali Lamong di kawasan Gresik Selatan ini terjadi bertahun-tahun. Penyebabnya, adanya pendangkalan dan penyempitan badan Kali Lamong. Hujan lebat di bagian hulu terjadi, kiriman air bah itu tidak bisa tertampung sehingga mengakibatkan meluap.

Ditambahkan ada tanggul desa atau anak Kali Lamong yang jebol menjadikan air bah itu semakin liar. Seperti diberitakan, Kali Lamong kembali meluap pada Senin,  24 Oktober 2022. Sebanyak 4 desa di Kecamatan Balongpanggang tergenangi air bah kiriman itu. Air bah itu menjebolkan tanggul di Desa Cermen, Kecamatan Kedamean. Rumah warga di desa itu terendam air setinggi orang dewasa. Sebagai warga bersiap mengungsi. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengerahkan satu unit ekskavator untuk memperbaiki tanggul Desa Cermen yang jebol itu. Perbaikan dilakukan hingga malam hari. Selanjutnya akan dipasang bambu penahan dan karung berisi pasir sebagai langkah tanggap darurat agar air tidak semakin membanjiri rumah warga. “Sejauh ini tanggul Kali Lamong masih aman. Yang jebol adalah tanggul anak Kali Lamong. Ini secepatnya akan kita perbaiki sebagai  langkah tanggap darurat,”kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani pada Senin, 24 Oktober 2022.

Perbaikan tanggul di Desa Cermen telah kelar.  “Saya tadi sempat ke Cermen, masih dilakukan penyedotan air di perkampungan,”ujar seorang warga. 

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik Ahmad Hadi mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Bera telah melakukan normalisasi Kali Lamong sepanjang 25 kilometer. Pekerjaan normalisasi Kali Lamong diantaranya, pengerukan, pelebaran dan penanggulan Kali Lamong. (yad)