Bangunan Di Teras Depan Pendapa Bupati Gresik Ambruk, Kayu Keropos Dimakan Rayap

 GRESIK,1minute.id – Bangunan teras depan Pendapa Rumah Dinas Bupati Gresik ambruk pada Minggu, 13 November 2022. Separuh bangunan teras dengan konstruksi kayu berlokasi Alun-alun Gresik di Jalan KH.Wachid Hasyim, Gresik rata-rata dengan tanah. Tidak ada korban dalam musibah ambruknya bangunan depan pendapa rumah dinas itu. 

Penyebab bangunan teras itu ambruk karena uzur. Kayu keropos di makan rayap. Tidak ada prasasti yang menyebutkan kapan bangunan di teras depan Pendapa Bupati Gresik itu mulai dibangun. Saat berita ini ditulis pukul 16 27 WIB sejumlah petugas dari Polisi Pamong Praja (Pol PP) Gresik dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik masih melakukan proses evakuasi material bangunan yang roboh. Terlihat di lokasi ada Kepala Bagian Umum Setkab Gresik Setijo Hermawan.

Informasi yang dihimpun, sekitar pukul 09.00 WIB. Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik mulai diguyur hujan. Sekitar pukul 12.00 WIB hujan mereda. Beberapa menit kemudian hujan kembali. “Hujan tidak deras. Angin juga tidak kencang dibandingkan sehari sebelumnya,”kata seorang pedagang di sekitar Alun-alun Gresik pada Minggu, 13 November 2022.

KEROPOS: Salah satu tiang kayu di teras bangunan depan pendapa Bupati Gresik yang diduga dimakan rayap pada Minggu, 13 November 2022 (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Biasanya, teras depan Pendapa Bupati Gresik banyak orang berteduh. Ngiyup. Tapi, siang itu sekitar pukul 14.00 WIB tidak ada orang berteduh. “Tiba-tiba bruk…,!”katanya. Dua dari lima bangunan di teras dengan konstruksi kayu ambruk. 

Kepala Bagian Umum Setkab Gresik Setijo Hermawan mengatakan, pihaknya berencana melakukan perbaikan bangunan depan Pendapa Bupati Gresik tahun depan. “Tapi, teras ambruk lebih dulu,”katanya ditemui di lokasi pada Minggu, 13 November 2022. Pihaknya, kata Wawan, begitu sapaannya, hanya membersihkan bagian atas yang banyak daun. 

EVAKUASI: Petugas Damkarmat Gresik melakukan proses evakuasi material bangunan terbuat dari kayu di depan Pendapa Bupati Gresik pada Minggu, 13 November 2022 ( Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Dalam pengamatan wartawan 1minute.id  sejumlah petugas gabungan dari Pol PP dan Damkarmat Gresik melakukan evakuasi material bangunan terbuat dari kayu tersebut. Lalu Lintas tetap lancar meski tidak terlihat anggota dari Dinas Perhubungan (Dishub) di sekitar lokasi tersebut. 

Kondisi kayu terlihat banyak keropos karena dimakan oleh rayap. Namun, wartawan 1minute.id tidak menemukan adanya prasasti kapan teras Pendapa mulai dibangun. Dan, siapa yang meresmikan bangunan tersebut. Sementara itu, bangunan rumah dinas Bupati Gresik berdasarkan prasasti yang menempel di dinding diresmikan oleh Panglima Daerah TNI Angkatan Laut- 4 Laksamana Muda TNI Admodjo Brotodarmodjo pada 26 Januari 1978. (yad)