Peduli Gempa Cianjur, Misi Kemanusiaan Pemkab Gresik Gelontor Ribuan Ikan Bandeng untuk Perbaikan Gizi Korban

GRESIK,1minute.id – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melepas paket bantuan ke korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat pada Jumat, 16 Desember 2022. Misi kemanusiaan dari Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik berupa kebutuhan dasar korban, seperti popok,  kebutuhan wanita, tenda, dan selimut.

Selain itu, ini ada yang berbeda. Sebab, Pemkab Gresik menggelontorkan aneka makanan bahan ikan bandeng sebanyak 100 kilogram dan olahan Ikan Bandeng sebanyak 1.000 ekor. Bupati Fandi Akhmad Yani melepas bantuan kemanusiaan senilai Rp 0,5 miliar diangkut menggunakan 4 unit truk dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik dari Kantor Bupati Gresik. 

“Kami di jajaran Pemerintah Kabupaten Gresik dan masyarakat turut berempati atas musibah yang terjadi di Cianjur. Mudah-mudahan sedikit bantuan ini bisa memberikan keringanan kepada saudara-saudara kita di Cianjur,” ungkap Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman dan Asisten Suyono dan Wakil Ketua I Baznas Gresik Riyadlotus Sholichah

Gus Yani  mengungkapkan terima kasih atas kontribusi semua pihak, dari masyarakat, Baznas, ASN dan pensiunan ASN. Sehingga dalam hasilnya mampu mengumpulkan bantuan yang totalnya lebih dari Rp 500 juta.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan terkait pengiriman bantuan berupa makanan  bahan olahan Ikan Bandeng kepada korban bencana gempa yang mengakibatkan ratusan korban meninggal itu. Gus Yani mengatakan bahwa Kabupaten Gresik mengirimkan makanan berupa Bandeng, selain karena di Kabupaten Gresik yang terkenal sebagai lumbung Bandeng, juga karena masyarakat Cianjur membutuhkan sumber makanan yang segar dan bergizi. “Bahan makanan ini disana kebanyakan adalah mi instan. Oleh karenanya kita sengaja kirim ikan Bandeng kesana sebagai sumber bahan makanan yang penuh gizi,” tegasnya.

Untuk diketahui, tim BPBD berangkat dengan empat mobil yang berisi bantuan kemanusiaan kepada korban bencana gempa bumi Cianjur. Turut dalam rombongan Kepala BPBD Gresik Darmawan, yang mengawal iring-iringan misi kemanusiaan ini hingga tiba di Cianjur.

Untuk diketahui, gempa bumi Cianjur terjadi pada 21 November 2022 pukul 13:21:10 WIB. Episenter gempa berada pada koordinat 6,84 LS – 107,05 dan kedalaman 11 km dengan magnitudo 5,6. Hingga kini, sudah puluhan kali gempa susulan. (yad)