Ganti Tabung Elpiji, Rumah dan Dapur Katering Terbakar, 2 Motor dan 8 Tabung Elpiji Gosong

GRESIK,1minute.id – Rumaqh Sumiati di Jalan Malang, Kompleks Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) ludes dilahap si jago merah pada Senin, 19 Desember 2022. Tidak korban jiwa dalam musibah yang diduga dipicu kebocoran tabung gas elpiji itu. Namun, dua unit sepeda motor dan 8 tabung elpiji melon gosong terbakar. 

Informasi yang dihimpun Senin, 19 Desember 2022 sekitar pukul 15.20 WIB sejumlah orang sedang memasak di bagian dapur berada di Jalan Malang, Kompleks Perumahan GKB di Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Rumah tiga lantai itu milik Sumiati. Selain sebagai tempat tinggal juga difungsikan sebagai dapur untuk bisnis katering pemilik rumah tersebut. 

Nah, siang itu sejumlah orang sedang memasak di bagian dapur untuk katering. Proses masak menggunakan gas elpiji dan sambungan pipa gas dari Perusahaan Gas Negara (PGN). Salah seorang juru masak mengganti tabung elpiji yang habis. Saat mengganti tabung gas elpiji ditengarai ada gas yang ngowos. Kondisi di bagian dapur yang panas ditambah paparan gas ngowos ditengarai menjadi pemicu terjadinya kebakaran hebat rumah tiga lantai di kawasan perumahan tersebut. 

Blub….! Api menyambar sejumlah barang yang mudah terbakar di dalam dapur tersebut. Api pun cepat membesar. Juru masak dan pemilik rumah panik. Tetangga Sumiati ikut panik. Sebab, lidah api cepat membesar. Mereka khawatir, api menjilat rumah yang lain. “Alhamdulilah, petugas Damkar cepat datang sehingga tidak sampai merembet ke rumah tetangga,” ujar Setijadi, pensiunan PNS Gresik yang juga tetangga korban Sumiati. 

Sebanyak satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) mengerahkan tiga unit mobil suplai air. Jumlah mobil suplai air lebih banyak untuk memperlancar proses pemadaman. Dalam pengamatan wartawan 1minute.id  di sejumlah kejadian kebakaran, kerap direpotkan keterlambatan suplai air. Akibat keterlambatan suplai air, api yang mulai meredup kembali membara karena keterlambatan suplai air.

“Dalam proses pemadaman ini , kami membutuhkan waktu hampir 3 jam,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Senin, 19 Desember 2022. Meski respon time kedatangan petugas di tempat kejadian kebakaran (TKK) kurang dari 10 menit. Dalam kebakaran kali ketiga di bulan Desember 2022 ini, tidak ada korban jiwa. “Tapi, 2 unit sepeda motor, 8 tabung elpiji dan sebagainya besar rumah hangus terbakar,” terang Sinaga. (yad)