Jelang Nataru Harga Kebutuhan Merangkak Naik, Pemkab Gresik Gelar Pasar Murah 

GRESIK,1minute.id – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Bupati dan  Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan pokok di Pasar Baru Gresik (PBG) pada Senin, 19 Desember 2022. 

Sejumlah harga kebutuhan secara keseluruhan stabil. Beberapa barang pokok merangkak naik. Diantaranya, harga beras, ayam potong, telur ayam dan minyak goreng.

“Tadi, kita dapati beras ada kenaikan. Ayam potong dan minyak cenderung naik juga, tapi tidak banyak. Kalau ikan cenderung turun harganya,” kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat sidak. Harga beras medium dan premium mengalami kenaikkan antar 2-3 persen. 

Daging ayam potong dari Rp 32 ribu menjadi Rp 36 ribu perkilogram. Telur ayam dari berada dikisaran Rp 28 ribu sampai Rp 29 ribu perkilogram. Sedangkan, gula stabil di harga Rp 13 ribu perkilogram dan minyak goreng Rp 14 ribu per liter. 

“Maka, ini akan menjadi evaluasi kita, bagaimana strategi kita dalam mengendalikan pasokan dan harganya agar lebih stabil. Salah satunya adalah Pasar Murah yang kita buka di Kelurahan Telogopojok,” ujar Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani. 

Sidak pemantauan harga dilakukan oleh dua pucuk pimpinan di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini diikuti Forkopimda serta Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik Malahatul Fardah, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Gresik Eko Anindito Putro, perwakilan dari BPS (Badan Pusat Statistik) Gresik. 

Pada kesempatan itu, Gus Yani dan Bu Min  juga mengomentari kondisi pasar yang kurang bersih. Harapannya, pasar harus selalu dalam keadaan bersih sehingga para pengunjung merasa nyaman. “Kepada dinas terkait saya harapkan agar cepat menanggapi kondisi pasar yang seperti ini. Karena nanti para pengunjung dari dalam maupun luar Gresik pasti akan kesini. Tidak enak kalau pasarnya terlihat kotor dan kurang nyaman.” tegas Gus Yani. (yad)