Pemkab Gresik Kucurkan Bonus Atlet Porprov 2022 Sebesar Rp 7,9 Miliar, Bupati Gresik : Porprov ke-VIII Target 5 Besar

GRESIK,1minute.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menggelontorkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2022. Atlet meraih medali emas mendapatkan bonus pembinaan Rp 35 juta ; medali perunggu sebesar Rp 25 juta dan medali perak sebesar Rp 20 juta. 

Selain itu, Pemkab Gresik juga memberikan  hadiah khusus kepada 11 atlet peraih medali terbanyak perorangan, 2 regu atlet peraih terbanyak kategori beregu, dan 3 hadiah official pendamping atlet.

Total bonus atlet yang diluncurkan sebesar Rp 7,9 miliar. Bupati dan Wakil Gresik Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah yang menyerahkan bonus atlet tersebut di halaman Kantor Bupati Gresik pada Senin, 19 Desember 2022. 

Sebanyak 443 atlet dari Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik yang berlaga di Porprov ke-VII Jawa Timur. Mereka bertanding di 44 dari 52 cabang olahraga (Cabor). Kontingen Gresik menempati klasemen ke-7 dengan raihan 29 medali emas ; 33 medali perak dan 45 medali perunggu. Raihan prestasi ini, naik satu strip dibandingkan Porprov ke-VI dengan perolehan 26 medali emas ; 23 medali perak dan 31 medali perunggu.

Bupati Gresik Fandi Akhmad menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para atlet. Menurutnya, prestasi olahraga sangat penting untuk dimiliki oleh suatu daerah dan warga Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini.

“Kami merasa bangga, memiliki anak muda Gresik yang berprestasi di bidang olahraga. Karena prestasi olahraga merupakan identitas kehormatan suatu daerah. Dan kehormatan adalah segala-galanya,” ujar Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani.  

Ia berpesan kepada para atlet agar tidak cepat berpuas diri dengan prestasi yang didapatkan saat ini. Bupati millenial itu mengatakan, target Porprov VIII Jatim tahun depan, Gresik dapat menduduki klasemen 5 besar. “Jangan cepat berpuas diri, kita harus terus konsisten disiplin, berlatih, dan berjuang agar bisa mendapatkan prestasi yang lebih hebat di masa yang akan datang. Mudah-mudahan Porprov tahun depan,  bisa masuk 5 besar,” pungkasnya.

Selain bonus atlet, Pemkab Gresik juga memberikan penghargaan kepada para kontributor olahraga di Gresik. Penghargaan tersebut diberikan kepada, PT. Petrokimia Gresik, PT. Wilmar Nabati Indonesia, dan PT. Smelting.

Ada pula penghargaan instansi pendidikan yang peduli olahraga di Gresik seperti Universitas Muhammadiyah Gresik, SMA Muhammadiyah 10 GKB, dan SMP Muhammadiyah 12 GKB. 3 instansi pendidikan tersebut akan memberikan beasiswa sampai lulus kepada para atlet yang berprestasi.

Selain itu, penghargaan kontribusi dan peduli olahraga instansi atau organisasi perangkat (OPD) kepada Plt Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gresik A. M. Reza Pahlevi, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) S. Haryanto, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik Tri Handayani Setyarini.

Disusul dengan penghargaan kontribusi dan peduli olahraga institusi atau aparat Kabupaten Gresik, diberikan kepada Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Ahmad Saleh Rahanar dan Kapolres Gresik AKBP Mochammad Nur Aziz. (yad)