Korban Tenggelam di Aliran Kali Lamong Ditemukan Meninggal

GRESIK,1minute.id – Tim pencarian korban tenggelam di aliran Kali Lamong berhasil menemukan dan mengevakusi korban tenggelam di aliran Kali Lamong pada Senin, 26 Desember 2022. Namun, tuhan berkehendak lain, Nanang Kurniawan yang ditemukan pukul 15.00 WIB dalam kondisi meninggal.

Pemuda 27 tahun asal Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Jombang itu ditemukan sekitar 10 meter dari lokasi tenggelam aliran Kali Lamong di Desa Bulangkulon, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik. 

Pencarian korban tenggelam memasuki hari kedua ini dilakukan mulai pagi hari. Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik dibantu Tim BPBD Jombang melakukan penyisiran hingga radius 1 kilometer. Sebab, kondisi arus Kali Lamong kuat. Sehingga diperkirakan hanyut. Masyarakat sekitar lokasi musibah di Desa Bulangkulon juga ikut membantu melakukan pencarian.  

Mereka menggunakan perahu karet mengubek-ubek sejumlah tempat yang dicurigai korban tenggelam. Pencarian tanpa kenal lelah akhirnya membuahkan hasil. Korban Nanang Setiawan berhasil ditemukan. Korban dalam kondisi meninggal kemudian dibawah RSUD Ibnu Sina Gresik dengan menggunakan mobil milik BPBD Gresik. “Tadi sekitar pukul 3 sore, korban kami temukan. Korban meninggal,” jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Gresik FX Driatmiko Herlambang pada Senin, 26 Desember 2022.

Seperti diberitakan Nanang Kurniawan, 27, asal Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Jombang itu tenggelam setelah berhasil menyelamatkan adiknya, Aris Setiawan, 22. Nanang hanyut kemudian tenggelam pada Minggu, 25 Desember 2022 sekitar pukul 09.00 WIB. 

Pagi itu, Nanang dan adiknya, Aris Setiawan bersama 10 temannya berangkat dari Jombang untuk mencari biawak atau nyambek. Mereka mempunyai hobi sama, berburu binatang reptil biawak. Nanang dan Aris memilih tempat berburu biawak di bantaran aliran Kali Lamong di Desa Bulangkulon. Saat itu, kabarnya tembakan Aris berhasil mengenai biawak. Karena hewan reptil itu kabur Aris mengajarkan. Nahas, pemuda 22 tahun itu terpeleset dan kecebur Kali Lamong. 

Informasi lain, Aris setelah berburu biawak kemudian mencuci tangan di bantaran Kali Lamong itu. Musim hujan, bantaran Kali Lamong licin. Aris pun tercebur. Nanang melihat adiknya, Aris tercebur berusaha menolong. Ia melompat masuk Kali Lamong yang kondisi arus cukup kuat tersebut. Nanang berhasil menyelamatkan adiknya, Aris.

Namun, kondisi arus Kali Lamong yang kuat membuat tubuh pemuda 27 tahun itu terseret arus. Nanang pun tenggelam. Kabar ada orang tenggelam cepat menyebar. Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik melakukan upaya pencarian. Hingga menjelang Magrib, upaya pencarian belum membuahkan hasil. 

Hingga siang pukul 13.10 WIB tim pencarian masih belum berhasil menemukan korban Nanang.  “Kita lanjutkan hari ini (Senin, 26/12/2022). Mohon doanya bisa cepat kami temukan,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Gresik FX Driatmiko Herlambang. (yad)