Sarang Tawon Vespa Hinggap Di Atap Rumah, Damkarmat pun Beraksi 

GRESIK,1minute.id – Sarang tawon di atap rumah membuat Bambang gemetaran. Lelaki 40 tahun asal Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik itu membayangkan tawon Vespa (Vespa affinis) ngamuk dan ngentup dirinya dan anggota keluarga akan bisa membuat badannya panas dan dingin. 

Ia bergegas meminta bantuan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik untuk melakukan evakuasi pada Selasa malam, 7 Februari 2023. 

Sebanyak delapan orang tim rescue dari Dinas Damkarmat Gresik meluncur. Delapan orang tim rescue itu adalah Ridwan Efendi, Handric T., Yusuf Ilma Jazuli dan Dalil. Berikutnya, Yosy, Alvian Wahyu, Deni Santoso dan Ravinda Nur. Sekitar pukul 17.05 WIB mereka tiba di rumah Bambang. Matahari sudah terbenam. Kondisi kampung Dusun Djurit mulai gelap. Petugas mengeluarkan senter dan perlengkapan untuk evakuasi sarang tawon. 

“Proses evakuasi butuh waktu 60 menit,” kata Kepala Dinas Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Rabu, 8 Februari 2023. Sinaga, sapaan akrabnya, mengimbau kepada warga Kabupaten Gresik terus waspada terhadap kejadian di sekitar. Terutama binatang buas. “Jika menemukan kejadian itu (ancaman binatang buas), hubungi kami. Karena petugas kami dibekali keahlian dalam menjinakkannya,” ujarnya. 

Sementara itu, berdasar data Damkarlmat Gresik tercatat 12 kali melakukan rescue atau penyelamatan pada Februari 2023. (yad)