Tabung Gas Asetilin Ngowos Nyaris Membakar Bengkel di Tambakberas 

GRESIK,1minute.id – Sebuah bengkel di Jalan Raya Tambakberas, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik terbakar pada Jumat, 10 Februari 2023. Kebakaran terjadi diduga akibat kebocoran tabung gas asetilin. Tidak ada korban dalam musibah kebakaran kali pertama di bulan Februari ini. 

Informasi yang dihimpun sekitar pukul 09.30 WIB seorang pekerja bagian pengelasan melakukan aktivitas nge-las dalam gudang berada di Jalan Raya Tambakberas, Kecamatan Cerme itu. Pengelasan alat berat menggunakan gas asetilin. Gas asetilena (C2H2) adalah gas tidak berbau, tidak berwarna, sangat mudah terbakar.

Tabung gas asetilin adalah tempat menyimpan gas asetilin, saat proses pengelasan regulator dibuka. Setelah itu gas akan otomatis keluar melalui selang gas yang terhubung ke welding torch. Tabung gas Asetilin ini mempunyai warna merah atau orange.

Saat pekerja melakukan pengelasan menggunakan gas asetilin tiba-tiba terjadi kebocoran gas. Karena sifat gas tidak berbau sehingga pekerja tidak diketahui sehingga mengakibatkan kebakaran di area sekitar pengelasan. Pengelola bengkel kemudian meminta bantuan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik.

“Kami menerima pengaduan sekitar pukul 09.37 WIB,” ujar Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Jumat, 10 Februari 2023. Sebanyak sembilan personil dipimpin langsung oleh Kadis Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga menuju lokasi kejadian. Petugas menggunakan  satu unit pemadam dan satu unit suplai dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap tiba di tempat kejadian kebakaran (TKK) sekitar pukul 09.58 WIB atau 21 menit.

Selama 35 menit, petugas berslogan “Pantang Pulang Sebelum Padam” berada di lokasi. “Api berhasil kami padamkan dan dilakukan proses pendinginan agar tidak terjadi kebakaran susulan,” terang Sinaga, begitu panggil akrabnya. “Hanya tabung gas asetilin yang terbakar,” tegasnya. (yad)