Lantik Anggota Pramuka Garuda SMP Negeri 1 Gresik, Ketua Kwarcab Ajak Kurangi Sampah Plastik 

GRESIK,1minute.id – Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gresik Aminatun Habibah melantik 45 anggota Pramuka Garuda gugus depan (gudep) 09.003-004 pangkalan UPT SMP Negeri 1 Gresik pada Jumat, 24 Februari 2023.

Pelantikan anggota kepanduan dilakukan di halaman SMP Negeri 1 Gresik di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik dihadiri oleh para wali murid anggota pramuka yang dilantik. Menurut Aminatun Habibah mengatakan bahwa melalui gerakan Pramuka, generasi muda dicetak untuk menjadi generasi yang mandiri.

“Anak-anak pramuka di didik menjadi seorang anak yang mandiri luar dalam, baik jasmani maupun rohani. Semuanya juga harus sesuai janjinya tadi, yakni berprilaku dengan berlandaskan pancasila dan cinta NKRI,” ujar Kak Aminatun Habibah yang juga Wakil Bupati Gresik itu.

Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah mengaku bangga dengan banyaknya anggota Pramuka Garuda yang mengikuti pelantikan. Hal ini lantaran untuk menjadi Pramuka Garuda, harus sudah memperoleh kompetensi yamg sudah disyaratkan, dan itu tidak mudah.

Lebih lanjut, dalam kesempatan ini Bu Min juga menitip pesan terkait kesadaran menjaga lingkungan. Hal ini terkait isu persampahan yang saat ini menjadi salah satu isu penting di Kabupaten Gresik. Bu Min mengajak anak-anak untuk menumbuhkan kesadaran akan lingkungan, utamanya dalam penggunaan barang kemasan plastik.

“Permasalahan di Kabupaten Gresik salah satunya adalah soal sampah. Oleh karenanya saya mengajak anak-anak semua untuk mulai membudayakan zero waste , baik dari sampah plastik maupun anorganik. Untuk minuman contohnya, bisa dimulai dengan membawa botol minuman sendiri,” kata Bu Min.

Sebagai informasi Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka baik Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega. Upacara pelantikan Pramuka Garuda yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Gresik S. Hariyanto Ketua Mabiran juga Camat Gresik Arief Wicaksono dan Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Parwah kali ini juga dimeriahkan dengan penampilan tari tradisional persembahan anak-anak Pramuka SMP Negeri 1 Gresik. (yad)