702 Siswa Berlaga Di Porseni MTs, Wabup Gresik : Menang Tidak Sportif Bisa Menjadi Pengaruh Buruk

GRESIK,1minute.id –  Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingat Madrasah Tsanawiyah se Kabupaten Gresik dibuka oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah di Dani Sport Center (DSC) Kecamatan Sidayu pada Sabtu, 25 Februari 2023. Agenda rutin 2 tahunan yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gresik.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengingat kepada para atlet untuk menjunjung tinggi sportifitas. Menurut mantan Kepala Sekolah SMK Assa’adah itu, bertanding dengan cara yang kotor sangat merugikan. “Saya minta nanti anak-anak saat lomba, harus mengutamakan sportifitas. Jangan sampai menang dengan cara yang tidak baik. Karena nantinya dapat menjadi pengaruh buruk di masa depan kalian,” ujar Bu Min-sapaankarib-Aminatun Habibah.

Bu Min mengatakan Porseni merupakan ajang yang penting dalam menjaring bibit yang berprestasi. Selain itu, event tersebut dapat sebagai media dalam membentuk mental siswa juara. Kalah dan menang dalam sebuah kompetisi biasa. Jangan patah semangat apabila belum menjadi juara. 

“Dalam rangka mencari atlet handal dan berbakat. Kita harus mencari bakat dari manapun. Dengan adanya Porseni, selain dapat menjaring siswa berprestasi, juga dapat memberikan motivasi bagi para siswa yang lain agar dapat meningkatkan kemampuan masing-masing,” ucapnya.

Kepala Kemenag Gresik Mohammad Ersat mengatakan, selain menjaring bibit berprestasi, tujuan Porseni adalah menjalin silaturahmi antar siswa MTs. Menurutnya, dengan saling mengenal satu sama lain dapat menciptakan atmosfer sportifitas.

“Kesempatan ini ayo kita gunakan untuk mendidik diri kita salam hal sportifitas, integritas, dan tanggung jawab. Maka, ayo ikuti sebaik-baiknya agar dapat memberikan yang terbaik bagi diri kita dan Kabupaten Gresik.” tandasnya.

Porseni MTs Gresik diikuti oleh 702 siswa MTs se- Kabupaten Gresik. Ada 16 jenis perlombaan. Cabang olahraga yakni atletik, bulu tangkis, tenis meja, catur, voli dan pencak silat. 

Cabang seni, ada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), tahfidz, kaligrafi kontemporer, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa arab, pidato bahasa Inggris, Singer, Vlog (film pendek), dan hadrah. Porseni digelar di tiga tempat yaitu Gresik Utara, Tengah dan Selatan. (yad)