Ruko Terbakar, Ibu dan Anak Balita Mengalami Luka Bakar

GRESIK,1minute.id – Rumah Toko Sumber Makmur di Jalan Usman Sadar, Kelurahan Karangturi, Kecamatan/Kabupaten Gresik terbakar pada Minggu dini hari, 26 Februari 2023. Kebakaran itu mengakibat Ibu dan anak mengalami luka bakar. 

Korban luka bakar itu adalah Cicilia Veronika, 48,  dan Celine Angelina Wijaya, 5. Sedangkan,  Andrea Wijaya, 21, selamat.  Cecillia dan Celine mengalami luka bakar di bagian kaki dan tangan saat ini menjalani perawatan di RS Petrokimia Gresik. 

Informasi yang dihimpun, Minggu, 26 Februari 2023 sekitar pukul 02.15 WIB, Cicilia terbangun. Ibu dua anak berusia 48 tahun karena merasa kepanasan di dalam kamar di lantai dua, rumah toko (ruko). Saat bangun, ia melihat ada nyala api. Asap juga mulai mengepung kamarnya. Cicilia lalu menggendong Celine, balita 5 tahun itu turun sambil berteriak minta tolong. “Tolong….tolong….!” teriak Cicilia. Teriakan itu membangunkan Andrea Wijaya, 21, anaknya yang tidur di kamar berbeda. 

Sambil menggendong dan menyelimuti tubuh Celine agar terhindar jilatan api turun ke lantai dasar. Api terus membesar. Jilatan api di pagi dini hari membuat Yono, tetangga terbangun. Yono lalu menghubungi petugas pemadaman kebakaran dan penyelamatan (Damkarmat) Gresik.  Cicilia, Angelina dan Andrea berusaha keluar roko.  Sejumlah warga lainnya berusaha membantu memadamkan amuk si jago merah sambil menunggu kedatangan petugas damkarmat. Tiba-tiba terdengar suara letupan. Blarrrr…! Warga pun mundur karena khawatir keselamatan. 

Kamar Cicilia semakin gelap dipenuhi asap. Delapan oranh petugas damkarmat masuk. Mereka kelagepan. Sesak nafas karena tidak kuat menahan asap. ” Pasukan kesulitan betrnafas, mata pedih, karena asap tebal dalam ruangan tidak ada ventilasi udara,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga melalui perwira piket Eka Prapangasta. 

Petugas terus melakukan penyemprotan sambil menunggu bantuan blower untuk mengusir asap dan SCBA (Self Contained Breathing Apparatus/  alat pernapasan bertekanan udara). Namun kedua alat itu akhirnya tidak digunakan karena semprotan air berhasil mengurangi ketebalan asap dalam ruangan. “Sekitar pukul 04.15 WIB teratasi semuanya,” tegas Sinaga. 

Ia mengatakan, pihaknya sempat mengalami kesulitan karena tempat kejadian kebakaran (TKK) kamar lantai dua yang tidak ada ventilasi. Sehingga, asap tidak bisa keluar. Saat itu, kondisi di dalam ruko gelap karena aliran listrik padam. “Tapi semua bisa teratasi,” katanya.  Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Gresik menambahkan dugaan awal kebakaran disebabkan oleh aliran listrik di set box TV, AC dan charger handphone. 

Bagaimana dengan kedua korban? Sinaga mengatakan, korban Ibu dan anak sudah dibawa ke rumah sakit Petrokimia Gresik.  “Mereka dibawa warga naik motor ke rumah sakit,” katanya.  Cicilia, 48, mengalami luka bakar di bagian lengan kanan dan kiri. Sedangkan, anaknya, Celine, 5, mengalami luka bakar di bagian kaki kanan dan kiri serta sebagai wajah. (yad)