PKB UKK Bacaleg, Target Raih 16 Kursi di DPRD Gresik 

GRESIK,1minute.id – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Gresik mengelar uji kelayakan dan kepatutan (UKK) terhadap puluhan bakal calon legislatif (Bacaleg). Bacaleg yang bakal maju dalam kontestasi pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Ketua DPC PKB Gresik Much Abdul Qodir mengatakan tujuan dari pelaksanaan UKK ini untuk mengetahui kemampuan para Bacaleg. Serta untuk menjajagi potensi yang dimiliki para bacaleg yang akan diusung.

“UKK ini untuk memastikan bahwasannya Bacaleg yang terpilih dalam Pemilu 2024 nantinya saat menjadi anggota legislatif bisa memiliki gagasan atau ide yang tertuju kepada kepentingan rakyat dan bukan hanya sekadar duduk manis saja di gedung parlemen,” kata Abdul Qodir usai pembukaan UKK di Graha Gusdur DPC PKB Gresik pada Minggu, 26 Februari 2023.

Ada sekitar 70 orang yang telah mendaftarkan diri sebagai Bacaleg DPRD Gresik 2024. Baik yang daftar melalui aplikasi online maupun datang langsung ke Kantor DPC PKB Gresik.

“Sistem pendaftaran bacaleg yang kita lakukan ada dua metode, manual atau mendaftar langsung ke Kantor DPC dan juga online,” terang Qodir yang juga Ketua DPRD Gresik itu. Puluhan  bacaleg yang telah mendaftar, akan diseleksi secara bertahap melalui UKK ini.

Baik itu bacaleg inkumben maupun pendatang baru untuk memastikan kualitas dan kuantitasnya. UKK dibagi dalam 2 tahap, Tahap pertama dilakukan pada Minggu dan tahap berikutnya pada Senin besok, 27 Februari 2023. 

Dan terdapat 16 penguji yang akan melaksanakan kegiatan UKK ini. Penguji melibatkan unsur dari ulama, akademisi, profesional dan politisi. Diantaranya, Ketua Dewan Syura DPC PKB Gresik Moh Qosim, mantan Ketua DPC PKB Gresik juga Ketua DPRD Gresik Ahmad Nadir dan KH Ilman Zuhri. Karena ini dalam rangka penjaringan, maka ada yang tereliminasi. 

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Gresik Masruron menuturkan bacaleg yang daftar melalui PKB Gresik berasal dari berbagai kalangan. Mulai kalangan milenial, profesional, pengusaha-pengusaha muda, aktivis organisasi, dan bahkan kalangan jurnalis. 

“Ada kiai dan tokoh-tokoh muda juga, yang hari ini menjadi representasi milenial. Dari seluruh Bacaleg yang daftar, kita lebih dari cukup. Sehingga dari analisa dan hasil pemetaan dari internal partai, kita optimis meraih target 16 kursi di pemilu 2024, ini cukup realistis dari 13 ke 16 kursi,” kata Masruron. (yad)