Rumah BUMN Segera Hadir Di Gresik, Arya Sinulingga Memastikan 6 Bulan Berdiri 

GRESIK,1minute.id – Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia menggelar pasar murah yang dikemas dalam acara “Pasar Rakyat dan Bazar UMKM” di Stadion Tri Dharma, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Kamis, 2 Februari 2023. Kegiatan ini dihadiri Staf Khusus (Stafsus) III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga, SEVP Operasi Petrokimia Gresik I Ketut Rusnaya, Sekretaris Perusahaan Yusuf Wibisono dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah serta Asisten I Pemkab Gresik Suyono. 

Arya Sinulingga dalam sambutannya berharap Petrokimia Gresik bisa memberikan manfaat lebih besar untuk masyarakat. “Kita harus bisa memberikan manfaat, termasuk pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan. Kaitannya dengan pemberdayaan, silakan Petrokimia Gresik berkolaborasi dengan PNM,” kata Arya Sinulingga. 

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pembiayaan. PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) merupakan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukkan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

“Petrokimia Gresik nanti memberikan pelatihan, sementara PNM memberikan modal sehingga pelatihan yang sudah diperoleh sebelumnya, dilanjutkan dengan usaha akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” lanjutnya. Arya mengatakan saat Kementrian BUMN telah memberikan bantuan modal sebanyak 96 ribu atau sepertiga dari jumlah keluarga di Gresik. “Bahkan melebihi jumlah keluarga prasejahtera di Gresik. Jumlah prasejahtera di Gresik berjumlah 80 ribuan. Kita kasih pinjaman untuk bisnis usaha mikro. Disamping itu ada UMKM,” tegasnya.

Ia melanjutkan BUMN berkomitmen untuk mensejahterakan masyarakat Gresik. “Berapapun kebutuhan permodalan dari masyarakat Gresik kami akan siap bantu, untuk kesejahteraan dan mengurangi tingkat pengangguran,” tandas Arya.

Arya mengatakan dalam waktu dekat Kementerian BUMN akan membangun Rumah BUMN di Gresik. “Maksimal 6 bulan Rumah BUMN sudah berdiri di Gresik,” tandasnya. Berdirinya Rumah BUMN itu, Arya berharap nantinya semua UMKM di Gresik memiliki rumah. “Rumah tempat mereka bisa mendapatkan pelatihan,  tempat mereka bisa membeli bahan-bahan. Bisa juga untuk tempat mereka mendapatkan pinjaman modal,” katanya. 

Selain itu, Kementerian BUMN juga terus mendorong UMKM naik kelas. UMKM akan diikutkan dalam pameran ke luar negeri. “Dan tadi ada peluang bagi UMKM untuk mengikuti pameran di luar negeri. Jadi tidak perlu kurasi rumit. Kita tahu ini laku atau tidak laku di luar negeri.  Sepanjang enak kadang-kadang kemasan sederhana masih bisa. Asalkan sehat. Kita mencoba memberikan harapan kepada UMKM di Gresik bisa bangkit dan peluang bisa ekspor,” tegasnya. 

Terpisah, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan dalam kegiatan ini, Petrokimia Gresik juga memfasilitasi 50 UMKM binaan yang berasal dari Kabupaten Gresik. Petrokimia Gresik dalam menjalankan usahanya tidak hanya menghasilkan produk berkualitas untuk memajukan pertanian di Indonesia, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), perusahaan juga mendorong kesejahteraan masyarakat dengan pendampingan UMKM.

“Sudah menjadi tradisi, masyarakat Gresik akan banyak berbelanja untuk persiapan Ramadan. Peluang inilah yang kita hadirkan untuk para pelaku UMKM binaan,” ujar Dwi Satriyo. 

Dwi Satriyo menambahkan, kegiatan ini selaras dengan arahan Menteri BUMN RI, Erick Thohir untuk memfokuskan Anggaran TJSL pada bidang lingkungan, pendampingan UMKM dan bidang pendidikan. Seperti diketahui, dalam pendampingan UMKM, Petrokimia Gresik memiliki program bernama Mitra Kebanggaan (Mangga) dan telah membantu ratusan UMKM yang tersebar di berbagai daerah.

“Bazar UMKM ini sekaligus menjadi salah satu program pendampingan dari perusahaan untuk sarana promosi dan penjualan. Melalui kegiatan ini produk mereka dapat dikenal dan memudahkan dalam membangun jaringan usaha,” ujarnya.

Sementara, Asisten I Pemkab Gresik Suyono yang turut hadir mewakili  Bupati Gresik, mengapresiasi peranan Petrokimia Gresik karena banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat Gresik selama ini. “Kegiatan sembako murah, pameran UMKM seperti pada saat HUT kemarin, bantuan kesehatan dan pendidikan sering dijalankan Petrokimia Gresik, dan saat ini kembali digelar atas inisiasi Kementerian BUMN,” tandasnya.

Ia pun mengajak masyarakat Gresik untuk memberikan dukungan bagi perusahaan, sehingga operasionalnya dalam dalam memajukan pertanian di Indonesia dapat berjalan lancar. “Semakin maju Petrokimia Gresik, maka manfaat yang dapat masyarakat rasakan bisa semakin besar lagi. Sehingga kegiatan seperti ini dapat sering digelar,” tandasnya. (yad)