SMP Daris dan Gresik Heritage Berkolaborasi dengan Unesa Buat Senam Berirama Khas Gresik,  Kado Ulang Tahun Kota Gresik 

GRESIK,1minute.id – Kabupaten Gresik bakal memiliki senam tradisional. Senam berirama khas Gresik. Lirik lagu ditulis oleh Oemar Zainuddin, pemerhati bangunan heritage  di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. Pun, aransemen lagunya. Lirik lagu berjudul “Jajanan Gresik” sudah puluhan tahun di simpan oleh salah satu kebturunan pemilik rumah di Kampung Kemasan itu.

Sumarga Adhi Satria, Kepala SMP Darul Islam (Daris) Gresik juga Ketua Gresik Heritage, salah satu komunitas pecinta sejarah dan budaya Kota Lama Gresik itu kemudian menginisiasi lagu tersebut menjadi lagu untuk senam berirama. Sumarga berkolaborasi dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk proses pembuatan gerakan senam berirama berjudul “Jajanan Gresik” itu. 

Gayung bersambut dua institusi yakni SMP Daris Gresik dan Unesa membuat Nota kesepahaman (MoU) pembuatan senam berirama tradisi kota Gresik ini. MoU telah ditandatangani pada Selasa, 28 Februari 2023.

Dalam pembuatan gerakan senam berirama khas Gresik ini, dikerjakan oleh para dosen di Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. “FIO Unesa selaku pembuat gerakan senam irama tradisi pertama di Gresik ini,” kata Sumarga pada Jumat, 3 Maret 2023.

Ia mengatakan Nota Kesepahaman antara SMP Daris Gresik dengan Unesa ini momen fonomenal dan bersejarah bagi kami (SMP Daris dan Gresik Heritage,Red),” imbuhnya. Mengapa kami menganggap momen fenomenal dan bersejarah? “Sebab, senam berirama khas Gresik ini kali pertama. Senam berirama khas Gresik ini kami jadikan kado bagi Gresik,” tegasnya. 

Untuk diketahui, tahun ini, Kota Gresik genap berusia 356 tahun dan HUT ke-49 Pemkab Gresik diperingati setiap 27 Februari. Sedangkan, Hari Ulang Tahun Kota Gresik diperingati setiap 9 Maret. 

Sumarga berharap senam berirama tradisi kali pertama di Kota Santri ini menjadi momentum pengangkatan kembali prestasi non akademik di bidang Pendidikan dan Kebudayaan Gresik. 

“Menjadi momen nilai sejarah yang berkualitas dan bermanfaat bagi pelajar dan masyarakat di Kota Gresik di masa sekarang dan yang akan datang,” katanya dengan nada optimistis. 

Ia memimpikan senam berirama tradisi “Jajanan Gresik” ini bisa dilaunching bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Gresik pada 9 Maret nanti oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. “Sehingga bisa nenjadi Ikon baru yang bernilai  sejarah dan mampu memberikan warna baru keanekaragaman pendidikan dan budaya di Kota Gresik Ini,” harap Sumarga. (yad)