Berikan Perasaan Aman dan Nyaman Warga, Polres Gresik Gencar Razia Petasan, Penjual Tiarap

GRESIK,1minute.id – Hari ini, Bulan suci Ramadan memasuki hari ke-15. Biasa suara mercon atau petasan terdengar bersahut-sahutan pada malam hari. Kini, suara bising dari mainan berbahaya nyaris tidak terdengar lagi. 

Warga Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini semakin nyaman beribadah maupun beristirahat malam hari. 

Kapolres Gresik AKBP Aditya Panji Anom mengatakan, dengan diadakanya razia terhadap pedagang petasan dan kembang api, diharapkan dapat mencegah masyarakat menggunakan barang tersebut saat Ramadan dan lebaran Idul Fitri nanti. “Saya sudah instruksikan ke seluruh jajaran Polsek untuk melaksanakan razia petasan selama Ramadan,” ujar AKBP Aditya Panji Anom pada Selasa, 4 April 2023.

Perwira dua melati itu menegaskan kegiatan razia itu bertujuan memberikan jaminan rasa aman dan nyaman warga masyarakat Gresik secara umum terlebih dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. “Razia kami gencarkan, karena banyak warga yang curhat ke kami bahwa masih ada penyalahgunaan kembang api dan mercon seperti dipakai untuk perang mercon maupun kembang api,” jelas mantan Kapolres Ponorogo itu. 

Alumnus Akpol 2002 itu menambahkan, selain melakukan razia, petugas juga menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama pemuda remaja untuk tidak bermain petasan. “Kami tidak main-main untuk petasan atau mercon ini, jangan sampai ini mengganggu kenyamanan warga dalam beribadah di bulan Ramadan,” tegasnya.

Instruksi razia petasan dan mercon itu dilaksanakan oleh Polsek Balongpanggang.. AKP M. Zainuddin memimpin langsung razia petasan dan mercon dengan mendatangi sejumlah pelapak musiman yang bermunculan bagai jamur di musim hujan. AKP M.Zainuddin, yang mendatangi sejumlah lapak musiman yang menjajakan mercon itu. Kepada para pedagang kembang api AKP Zainudin memeriksa lapak dan mengingatkan agar tidak menjual petasan. (yad)