Kinerja DPMPTSP Kinclong, Realisasi Investasi Triwulan I/2023 Mencapai Rp 10,80 Triliun Melebihi Target 

GRESIK,1minute.id – Kinerja Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gresik kinclong. Data yang didapat  1minute.id  realisasi investasi triwulan pertama, 2023 mencapai Rp 10,80 triliun. Target investasi triwulan pertama tahun ini sebesar Rp 7,5 triliun. Artinya capaian itu melebihi target Rp 3,3 triliun.

Berbagai kemudahan pelayanan perizinan menjadikan Kabupaten Gresik bagai gadis cantik yang banyak dilirik para investor asing dan dalam negeri untuk berinvestasi. Tahun ini, DPMPTSP Gresik mematok target investasi sebesar Rp 29,8 triliun. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gresik Agung Endro Dwi Setyo mengungkapkan, realisasi investasi triwulan pertama ini terdiri penanaman modal dalam negeri (PMDM) sebesar Rp 1,95 triliun. Sedangkan, investasi penanaman modal asing (PMA) mencapai sebesar Rp 8,85 triliun. Sehingga, realisasi investasi triwulan pertama tahun 2023 mencapai Rp 10,80 triliun. “Target triwulan pertama tahun ini sebesar Rp 7,5 triliun,” kata Agung dikonfirmasi selulernya pada Selasa, 9 Mei 2023.

Investasi di bidang pertambangan masih terbesar. Diantaranya, PT Freeport Indonesia. “Investasi Freeport mencapai Rp 4 triliunan,” jelas mantan Camat Gresik itu. Ia melanjutkan, pihaknya optimistis target investasi tahun 2023 sebesar Rp 29,8 triliun bisa tercapai. Capaian kinerja yang membanggakan tersebut berkat berbagai inovasi yang dilakukan oleh DPMPTSP Gresik untuk menarik investor menanamkan investasi di Kota Industri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. 

Salah satunya melalui kemudahan dan percepatan perizinan didukung online single submission risk based approach (OSS RBA) atau perizinan berusaha berbasis risiko yang dilaunching Presiden Joko Widodo pada Agustus 2021. Semua pengurusan izin memakai OSS RBA pun sudah bisa dilakukan secara online. Mulai persetujuan bangunan gedung (PBG), sistem informasi manajemen pembangunan gedung (SIMBG), hingga sertifikat layak fungsi (SLF).

PROYEK SMELTER: PT Freeport Indonesia membangun pabrik Smelter di KEK (Foto: Freeport Indonesia for 1minute.id)

Upayanya lainnya, pembentukan tiga kawasan industri besar yang sukses menarik perhatian investor. Yakni, kawasan industri Petrokimia, kawasan industri Maspion, dan kawasan industri Java Integrated Industrial Port and Estate (JIIPE). Di dalam JIIPE ini, ada kawasan ekonomi khusus (KEK) yang ditetapkan presiden. Di dalamnya juga sudah dibangun Smelter Freeport terbesar di dunia. “Itulah yang menjadi daya tarik Gresik bagi investor,’’ tegas Agung. 

Pemerintah pusat melalui Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menobatkan Kabupaten Gresik sebagai kabupaten terbaik nasional terkait pelayanan investasi tahun 2022. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam Anugerah Layanan Investasi yang berlangsung di Fairmont Hotel Jakarta pada Rabu, 12 Oktober 2022. (yad)