Usung Bacaleg Muda, PKB Optimistis Bisa Kembalikan Kejayaan Raih 18 Kursi DPRD Gresik 

GRESIK,1minute.id– DPC Partai Kebangkitan Bangsa Gresik mendaftarkan 50 orang bakal calon legislatif (Bacaleg) ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik pada Jumat, 13 Mei 2023. Bacaleg yang diusung partai nomor urut 1 mayoritas anak muda.

Mayoritas usia mereka 30 tahun. Dengan bacaleg anak muda ini, PKB Gresik optimistis ini bisa mengembalikan kejayaan partai berlambang bola dunia dikelilingi 9 bintang meraih 18 kursi di DPRD Gresik. 

Pendaftaran bacalag PKB dipimpin oleh Ketua Dewan Syura DPC PKB Gresik Moh Qosim dan Ketua DPC PKB Gresik Moch Abdul Qodir. Mereka berangkat dari Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik dengan jalan kaki menuju Kantor penyelenggara coblosan itu. Jaraknya sekitar 500 meter. Sekitar pukul 14.15 WIB mereka tiba di kantor KPU Gresik.  

“Alhamdulillah semuanya sudah lengkap. Termasuk migrasi data dari PKB pusat ke KPU Gresik serta keterwakilan perempuan. Semua dapil keterwakilan perempuan 30 persen terpenuhi,” kata Abdul Qodir didampingi Ketua Dewan Syura Moh Qosim usai menyerahkan daftar bacaleg pada Jumat, 13 Mei 2023. 

Qodir menyatakan, pemilih legislatif (Pileg) 2024, partai optimistis bisa meraih 18 kursi di DPRD Gresik. “Karena menghadirkan bacaleg sesuai ekspektasi pemilih 2024 yang didominasi anak muda, sehingga kami memilih bacaleg yang muda-muda,” ujar Qodir yang juga Ketua DPRD Gresik itu. Bacaleg PKB usia dibawah 30 tahun cukup banyak. “Kami optimistis bisa meraih 18 kursi,” tegasnya. 

Semangat pengurus partai, kata Qodir, adalah mengembalikan kejayaan PKB ketika kali pertama didirikan oleh Nahdlatul Ulama pada 1998. Saat itu, ujar, PKB Gresik mendapatkan hadiah 18 kursi di DPRD Gresik. “Tugas kami, bersama bacaleg dan dibawah bimbingan Dewan Syura (Moh Qosim) kami optimis pemilu 2024 bisa nyahur hutang kepada NU,” tegasnya. 

Dalam daftar nama bacaleg PKB yang didaftarkan ke KPU Gresik tidak tercatum nama Abdul Qodir, Ketua DPC PKB Gresik yang juga Ketua DPRD Gresik. Pada Pemilu 2019 Abdul Qodir adalah anggota legislatif dari daerah pemilihan (dapil) Driyorejo dan Wringinanom. “Saya hari ini mengantarkan teman-teman mendaftar ke KPU,” katanya. Apakah Qodir akan maju sebagai caleg tingkat provinsi Jawa Timur atau calon bupati Gresik ? ” Nanti tunggu beritanya,” katanya diplomatis. (yad)