Abdul Qodir, Bacaleg PKB Jatim 

GRESIK,1minute.id– Partai Kebangkitan Bangsa Greeik telah mendaftarkan 50 orang bakal calon legislatif (Bacaleg) ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik pada Jumat, 13 Mei 2023. Tidak ada nama Ketua DPC PKB Gresik Much Abdul Qodir dalam daftar bacaleg yang bakal mengikuti kontestasi pemilihan legislatif (Pileg) 2024 nanti. 

“Saya hanya mengantarkan teman-teman mendaftar,” kata Abdul Qodir didampingi Ketua Dewan Syura DPC PKB Gresik usai menyerahkan berkas Bacaleg pada Jumat, 13 Mei 2023. Hari ini, Sabtu, 14 Mei 2023 adalah batas akhir pendaftaran bacaleg Pemilu 2024.

Apakah Abdul Qodir yang juga Ketua DPRD Gresik itu digadang-gadang itu maju untuk kontestasi pemilihan bupati (Pilbup) 2024. Atau, Abdul Qodir melaju ke pencalonan legislatif lebih tinggi yakni bacaleg DPRD Jatim atau DPR RI?
“Insya Allah nama saya masih tercantum sebagai Bacaleg PKB Jatim,” katanya sambil tersenyum sebelum meninggalkan kantor KPU Gresik. Qodir menyatakan  bacaleg di daerah pemilihan (Dapil) Gresik dan Lamongan. 

Seperti diberitakan PKB Gresik telah mendaftarkan 50 bacaleg ke kantor KPU Gresik pada Jumat, 13 Mei 2023. Bacaleg yang diusung untuk kontestasi pemilihan legislatif didominasi anak-anak muda. Usia mereka berkisar di bawah 30 tahun. Bacaleg termuda berusia 24 tahunan. Ia berada di daerah pemilihan (Dapil) Wringinanom dan Driyorejo. Dapil Abdul Qodir Dalam pileg 2019 lalu.

Qodir optimistis bacaleg yang diusung oleh partai berlambang bola dunia dengan 9 bintang itu bisa mengembalikan kejayaan partai yang kelahirannya dibidani oleh Nahdlatul Ulama  pada Pemilu 1998 lalu. Saat itu, PKB Gresik meraih 18 kursi di DPRD Gresik. Pada 1998 itu,. jumlah “hanya” 45 kursi di parlemen berkantor di Jalan KH Wachid Hasyim, Alun-alun Gresik itu. Saat ini, anggota DPRD Gresik berjumlah 50 orang. 

“Tugas kami, bersama bacaleg dan dibawah bimbingan Dewan Syura (Moh Qosim) kami optimis pemilu 2024 bisa nyahur hutang kepada NU,” tegas Abdul Qodir. (yad)