Siswa UPT SMP Negeri 2 Gresik Tak Lagi Waswas Jajan Mamin di Kantin, Selain Higenis Dijamin Halal

GRESIK,1minute.id – Siswa UPT SMP Negeri 2 Gresik kini lagi waswas ketika jajan di kantin sekolah. Sebab, semua makanan dan minuman di sekolah berlokasi di Jalan KH Kholil, Gresik itu telah memiliki sertifikat halal. Selain halal juga higenis karena diawasi oleh ahli gizi dari Puskesmas Alun-alun Gresik.

Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Muhammad Salim mengatakan, sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Komite Fatwa Produk Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Kementerian Agama (Kemenag) itu tertanggal 20 Juni 2023. “Selain sertifikat halal, kantin sekolah juga telah mengantongi nomor induk berusaha (NIB),” kata Salim pada Jumat, 23 Juni 2023.

Untuk menjaga kehalalan makanan dan minuman yang di jual oleh kantin sekolah, imbuh Salim, pihaknya telah membentuk inspektorat cilik pemantau makanan. Bila mereka menemukan bahan makanan yang meragukan, anggota inspektorat cilik ini melaporkan ke sekolah untuk diteruskan ke ahli gizi dari Puskesmas Alun-alun Gresik. 

Salim melanjutkan Kantin Halal ini mendapatkan support dari Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Sebab, kantin halal ini sangat mendukung upaya peningkatan keamanan pangan di sekolah. “Dengan melibatkan anak-anak sebagai warga sekolah yang ikut mengontrol makanan dan minuman kantin sehat dan halal akan lebih meminimalkan risiko terjadinya penyakit akibat pangan,” paparnya.

KANTIN HALAL: Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Muhammad Salim memperlihatkan sertifikat Halal untuk kantin sekolah pada Jumat, 23 Juni 2023 ( Foto: chusnul cahyadi/1minute.id)

“Dan anak-anak akan lebih bertanggung jawab terhadap kantin yang sehat dan bersih,” imbuhnya. Program UKS SMP Negeri 2 Gresik Penjaminan Keamanan Pangan. “Kami ingin anak-anak sehat dan makan makanan halal selama di sekolah. Oleh karena itu yang di makan di sekolah harus makanan yang halal sehat sehingga kami mengusulkan agar kantin sekolah berlebel Kamtin Halal dari MUI melalui Kementerian Agama. “Dan Alhamdulillah telah terbit sertifikat kantin sekolah halal dari Kemenag,” pungkasnya.

Penyerahan sertifikat halal kantin sekolah itu dibarengkan dengan kegiatan pameran Gelar Karya Siswa ini dilaksanakan di teras sekolah tersebut. Gelar Karya Siswa mengambil tema : Gaya Hidup Berkelanjutan “Sampahku, Tanggungjawabku”gelar selama dua hari, mulai Jumat, 23 Juni 2023.  (yad)