Kerja Keras TP-PKK Gresik Ikut Serta Menurunkan Angka Stunting Berbuah Penghargaan Manggala Karya Kencana

GRESIK,1minute.id – Kerja keras Tim Penggerak PKK Gresik menurunkan angka stunting berbuah apresiasi. Apresiasi berupa penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) RI. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo kepada Ketua TP PKK Gresik Nurul Haromaini Ali di Griya Agung di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan pada Selasa malam, 4 Juli 2023.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani ikut menyaksikan pemberian apresiasi tersebut. Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai berdedikasi tinggi dan komitmen dalam pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana). 

Penghargaan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-30 tingkat Nasional yang dipusatkan di Provinsi Sumatera Selatan.

“Syukur Alhamdulillah kita (TP-PKK,Red) sebagai mitra pemerintah Kabupaten Gresik mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN. Hal ini merupakan buah dari sinergitas dan kolaborasi kami dengan berbagai pihak dalam upaya penurunan angka stunting di Gresik,” kata Ning Nurul-sapaan-Nurul Haromaini Ali. 

Penghargaan ini, lanjut ibu dua anak itu, menjadi dorongan semangat untuk semakin berkolaborasi. Sesuai arahan Menko PMK dan Kepala BKKBN, ke depan akan mulai bagaimana meningkatkan kualitas keluarga, khususnya mempersiapkan generasi berkualitas menyongsong Indonesia Emas 2045.

Ning Nurul menceritakan perkembangan angka stunting di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. Pada 2021, angka stunting mencapai 23 persen. Setahun kemudian, turun menjadi 10 persen. Menurutnya, keberhasilan ini tidak lepas dari komitmen bersama dan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Gresik, TP-PKK serta kerjasama lintas sektoral. 

Ia juga menyampaikan, keberhasilan dalam penurunan angka stunting ini juga karena dukungan dari masyarakat Kabupaten Gresik. “Kami aktif turun ke masyarakat untuk memberikan pendampingan dan edukasi. Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dan mendukung atas pemdampingan kami lakukan selama ini. Maka, penghargaan ini saya persembahkan pula untuk masyarakat Gresik,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat mengaku bersyukur atas penghargaan yang telah diterima oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Gresik. Menurutnya, ini adalah prestasi yang membanggakan.

Bagaimana tidak, perjuangan yang dilakukan selama ini dalam upaya menurunkan angka stunting ternyata membuahkan hasil. Kami selaku pemerintah kabupaten Gresik juga turut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan tersebut.

“Memang benar, selama ini kami selalu intens dalam berkolaborasi kaitannya dengan upaya menurunkan angka stunting. Dan kolaborasi ini akan terus kami lakukan untuk terus menekan kasus stunting di Gresik,” kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Ia menuturkan, penghargaan ini hendaknya menjadi motivasi dan spirit untuk semakin meningkatkan semangat juang demi kepentingan masyarakat di Kabupaten Gresik. Pemkab Gresik memiliki kepedulian yang tinggi terhadap berbagai persoalan terutama pada sektor pengendalian penduduk serta upaya-upaya aksi Konvergensi Penurunan Stunting. “Apa yang kami lakukan ini semata-mata demi masyarakat di Kabupaten Gresik,” pungkasnya. (yad)