Besok, Hari Pertama Sekolah, Di Gresik Pilot Project SMP Kelas Pria dan Wanita Terpisah

GRESIK,1minute.id – Libur sekolah berakhir hari ini, Minggu, 16 Juli 2023. Siswa bersiap mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) mulai besok, Senin, 17 Juli 2023. 

Ada yang baru dalam tahun ajaran 2023/2024 di Kabupaten Gresik ini. Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik akan menguji coba sekolah “full day School” untuk jenjang  sekolah menengah pertama  (SMP) Negeri. Siswa sekolah lima hari, Senin sampai Jumat. Sabtu dan Minggu libur. Sebelumnya, siswa SD & SMP Negeri, mengikuti kegiatan belajar mengajar mulai Senin sampai Sabtu. Hanya Libur, Minggu.

Selain full day school , Dispendik Gresik juga melakukan ujicoba kelas pria dan perempuan secara terpisah. Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Gresik S.Hariyanto mengatakan, untuk sekolah full day masih diujicobakan untuk jenjang SMP Negeri. “Untuk jenjang SD Negeri belum diujicobakan tahun ini,” ujar S.Hariyanto ditemui di sela lari pagi di Stadiun  Gelora Joko Samudro (GJOS) pada Ahad, 16 Juli 2023. 

Full day School ini, kali pertama diberlakukan di sekolah negeri di Kabupaten Gresik. Sebelum, siswa sekolah mulai Senin sampai Sabtu. Sementara, pemerintah kabupaten (Pemkab) Gresik telah lama memperlakukan sistem kerja aparatur sipil negera (ASN) lima hari kerja. Termasuk ASN di kantor Dispendik Gresik. 

Selain kebijakan lima hari sekolah,  tahun ini, Dispendik Gresik juga akan melakukan ujicoba memisahkan kelas laki-laki dan perempuan. S.Hariyanto mengatakan, ada dua lembaga yang menjadi pilot project untuk kelas terpisah antara siswa laki-laki dan perempuan. Untuk jenjang sekolah dasar negeri, imbuhnya, pilot project dilakukan di UPT SD Negeri 49 Gresik di Desa Pongangan, Kecamatan Manyar. Sedangkan, untuk jenjang SMP adalah UPT SMP Negeri 2 Gresik.

“Masing-masing satu rombongan belajar untuk kelas 1 SD dan VII SMP,” kata Hariyanto. Setiap rombel berisi 32 siswa. ” Jam sekolah sama, cuma kelas pria dan perempuan terpisah,” tegasnya. (yad)