Terdengar Ledakan di Gudang Pabrik Plastik di Driyorejo Sebelum Terbakar

GRESIK,1minute.id – Kebakaran gudang kembali terjadi di Kabupaten Gresik. Sebuah gudang pabrik plastik,  CV Berlian Plastik ludes terbakar pada Kamis pagi, 20 Juli 2023. Petugas dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik membutuhkan waktu selama 3 jam lebih memadamkan amuk si jago merah di gudang berlokasi di Driyorejo Kencana Permai di Jalan Raya Cangkir Km 21, Desa Cangkir, Kecamatan Driyorejo itu.

Tidak ada korban dalam kebakaran yang kali ke-14 di bulan Juli 2023. Petugas menduga penyebab kebakaran adalah korsleting. Menurut keterangan tertulis dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik, CV Berlian Plastik terbakar sekitar pukul 03.58 WIB. 

Seorang pekerja mendengar adanya sebuah ledakan di lantai dua gudang tersebut. Suara ledakan cukup keras itu mengagetkan pekerjaan. Setelah suara ledakan itu muncul bara api kemudian melaporkan kepada petugas damkarmat Pos Driyorejo. 

Sebanyak lima orang personil Damkarmat meluncur ke tempat kejadian kebakaran (TKK) dengan mengerahkan satu unit mobil damkar dan satu unit mobil suplai air. Kondisi gudang yang tertutup sempat merepotkan petugas di bawa komando Fathoni tersebut. Mereka menggunakan tangga manual kemudian melubangi tembok gudang tersebut. 

Setelah tembok berlubang sebesar kepala manusia dewasa, petugas kemudian memulai melakukan penyemprotan air. “Akses menuju titik api sulit dijangkau,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Kamis, 20 Juli 2023.

Gempuran air  dari mobil damkar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik akhirnya bisa menjinakkan api. “Kami tiba di TKK pukul 04.10 WIB. Api baru bisa padam pukul 07.40 WIB,” terang mantan Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik itu.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, imbuhnya, dugaan sementara penyebab kebakaran akibat korsleting.  “Keterangan pekerjaan sempat mendengar ada satu kali ledakan sebelum kebakaran,” katanya. (yad)