Ponpes Bumi Aswaja Gelar Pengobatan Gratis

GRESIK1minute.id – Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Aswaja di Desa Wonokerto, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik menggelar pengobatan gratis pada Sabtu, 22 Juli 2023. Ratusan warga berbondong-bondong memeriksakan kesehatan. 
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah memberikan apresiasi kegiatan bakti sosial di ponpes uang dipimpin oleh KH. Achmad irsyadul Ibad itu.

“Ini merupakan sebuah agenda yang baik, karena panjenengan semua bisa mendapatkan pengobatan gratis langsung oleh dokter. Saya ucapkan terima kasih kepada Ponpes Bumi Aswaja karena telah menginisiasi kegiatan ini,” ujar Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah dihadapan ratusan warga yang mayoritas lanjut usia dan anak-anak itu.

Ia melanjutkan, pemeriksaan kesehatan secara berkala bisa dilakukan di puskesmas maupun rumah sakit. Semua beban biaya akan ditanggung oleh Pemkab Gresik melalui Program Universal Health Coverage (UHC).

Saat ini, UHC di Gresik telah mencapai angka 99,6%.  Artinya hampir seluruh masyarakat Kabupaten Gresik berjumlah 1,31 juta telah terjamin kesehatannya. “Sebetulnya panjenengan semua juga bisa mendapatkan pengobatan gratis di puskesmas atau klinik kesehatan seperti di klinik Pratama MWCNU Dukun ini. Bahkan yang tidak punya BPJS pun tidak apa-apa. Karena Pemkab Gresik telah menggratiskan semuanya. Asal punya KTP dan berobatnya di lingkungan Kabupaten Gresik,” terang Wabup perempuan berlatar pendidik itu. 

Bu Min juga mengajak warga untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh masing-masing. Menurutnya, badan yang sehat merupakan kunci dalam beraktivitas. Maka, langkah pencegahan seperti pemeriksaan gratis ini dapat menjadi hal yang positif dalam menjaga kesehatan diri. 

“Saya katakan sehat itu mahal sekali, karena mau melakukan apapun ya tergantung kesehatan kita. Maka ayo kita jaga kesehatan kita dengan menjaga pola makan. Dan semoga Allah SWT juga senantiasa memberikan kita kesehatan selalu,” pungkasnya. (yad)