Dua Siswa UPT SMP Negeri 4 Gresik Borong Juara Lomba Cipta dan Baca Puisi Nasional di Jakarta 

GRESIK,1minute.id – Dua siswa UPT SMP Negeri 4 Gresik mengharumkan dunia pendidikan dikancah nasional. Dua siswa prestasi itu adalah Gita Nabilah Ramadhani Erfina dan Nur Alisa. Keduanya siswa kelas IX di sekolah berlokasi di Jalan Proklamasi 17 Gresik yang dipimpin oleh Arif Abd Rohman itu.

Gita menyabet juara pertama. Sedangkan, Alisa runner up. Di posisi ketiga diraih oleh Kholid Dinarul Fajri, MTsN 2 Kota Kediri. Mereka memenangi lomba cipta dan membaca puisi untuk jenjang SMP/MTs yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI yang dipimpin oleh Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel itu. Gita dan Nur Alisa berhasil menyisihkan ratusan pelajar lainnya se-Indonesia. 

Puncak perlombaan mengusung tema “Damai Indonesia” untuk memeriahkan HUT ke-13 BNPT itu digelar di Jakarta pada Jumat malam, 28 Juli 2023. Gita mendapatkan tiket hadir langsung dalam malam anugerah penghargaan dengan hiburan Katon Bagaskara, aktor, komponis, penulis lagu, penyanyi dan politikus Indonesia yang juga vokalis di grup musik Indonesia, KLa Project itu.

Gita juga tampil membaca puisi bersama para juara lainnya, jenjang SD, SMP dan SMA sederajat itu. Gita menghadiri malam puncak HUT ke-13 BNPT itu didampingi oleh dua gurunya yakni guru pembina Dwi Wahyuni WN dan guru pendamping Surya Yetni. Mereka memakai busana khas Gresik, kebaya, jilbab lengkap dengan kurosinya. 

SISWA PRESTASI : Gita Nabilah Ramadhani Erfina, siswa kelas IX UPT SMP Negeri 4 Gresik meraih juara pertama di lomba Cipta dan Baca Puisi HUT ke-13 BNPT RI di Jakarta pada Jumat malam, 28 Juli 2023 ( Foto : Dok. SMP Negeri 4 Gresik for 1minute.id)

Gita Nabilah Ramadhani Erfina mengaku tidak menyangka bisa memenangi lomba mencipta dan baca puisi itu. Sebab, perlombaan itu diikuti oleh ratusan pelajar lainnya se-Indonesia. “Alhamdulillah aku sangat senang sekali karena bisa menyentuh juara 1 lomba cipta dan baca puisi tingkat nasional oleh BNPT dan bisa menghadiri acara puncak HUT ke-13 BNPT di Jakarta,” katanya melalui pesan WhatApps pada Sabtu, 29 Juli 2023.

Ia merasa bangga berada dalam satu ruangan bersama orang yang hebat.”Bisa satu ruangan dengan orang-orang hebat merupakan suatu kehormatan. Semoga teman-temanku semua bisa ke Jakarta untuk prestasi dan menang juara tingkat nasional bareng-bareng, aamiin ya rabbal alamiin,” imbuh siswa kelas IX UPT SMP Negeri 4 Gresik itu.

Lomba cipta dan baca puisi itu berlangsung selama sebulan. Mulai 16 Juni sampai 17 Juli 2023. Peserta mendaftar dan mengirimkan karya secara online. Mereka membacakan dua puisi yakni puisi karya dan puisi wajib. Untuk puisi wajib ada dua pilihan yakni puisi Karya 

Puisi wajib terdiri dari Puisi Karya:Sapardi Djoko Damono dengan Judul “Selamat Pagi Indonesia” dan Fikar W. Eda dengan Judul “Salam Damai”. Tahap pertama dewan juri memilih 30 karya terbaik. Tahap kedua disaring menjadi 9 karya terbaik. Tahap ketiga yang paling menentukan ini, dewan juri memilih juara 1,2 dan 3 di setiap kategori yakni Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) , Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas sederajat (SMA/SMK/MA).

Untuk kategori SMP sederajat ini, siswa UPT SMP Negeri 4 Gresik memboyong dua juara yakni juara pertama dan kedua. (yad)