Rayakan HUT ke-51 Petrokimia Gresik Gelar PetroNite Fest, 9 Hari Pesta Rakyat Target Transaksi Rp 10 Miliar 

GRESIK,1minute.id – PetroNite Fest 2023 di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik resmi dibuka pada Sabtu malam, 29 Juli 2023. Ratusan UMKM di Gresik yang ambil bagian dalam ajang tahunan rangkaian merayakan HUT ke-51 Petrokimia Gresik ini.

Senior Executive Vice President (SEVP) Petrokimia Gresik I Ketut Rusnawa yang membuka PetroNite Fest yang mengusung tema “Kembali ke Desa dari Petrokimia Gresik untuk Indonesia” ini. Acaranya meriah. Semuanya nuansa pedesaan termasuk penjaga stan dari tujuh kelurahan yang berada ring satu operasi perusahaan Solusi Agroindustri itu. Tujuh kelurahan itu, yakni Ngipik. Sukorame, Karangturi, Karangpoh, Kroman, Lumpur, Tlogopojok di Kecamatan/Kabupaten Gresik dan Desa Romoo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

I Ketut Rusnawa mengatakan, PetroNite Fest digelar selama 9 hari. Ada lebih dari 360 UMKM di Kabupaten Gresik yang ikut ambil bagian dalam gelaran tahunan yang paling di tunggu oleh para entrepreneur alias pengusaha usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) itu. Sebab, PetroNite Fest 2023 selalu ramai pengunjung dan pembeli.

“Kegiatan ini (PetroNite Fest) ini, sebagai wadah bagi para pedagang UMKM di Kabupaten Gresik untuk bisa memperkenalkan serta mempromosikan karya dan barang yang mereka jual kepada masyarakat,” kata Ketut Rusnawa dalam sambutan mewakili Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo itu.

“Berang yang dijual  berupa makanan pakaian atau kerajinan yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga Gresik dan sekitarnya,” lanjutnya. Tema PetroNite Fest 2023 kali ini adalah Kembali ke Desa dari Petrokimia Gresik untuk Indonesia. Tema tersebut diusung untuk mengingatkan kembali pada nilai-nilai kesederhanaan, gotong royong dan kepedulian.

TEMU LAWAK & BERAS KENCUR : (kiri-kanan) Pts. SVP Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik Karina Sari. Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, dan SEVP Petrokimia Gresik I Ketut Rusnawa saat menikmati minuman tradisional, Temu Lawak di salah sat stan di PetroNite Fest 2023 di GOR Petrokimia Gresik pada Sabtu malam, 29 Juli 2023. ( Foto: chusnul cahyadi/1minute.id)

“Tema ini diambil sebagai wujud ketahanan pangan nasional dan menggambarkan semangat Petrokimia Gresik untuk terus melaju pantang menyerah untuk kejayaan Indonesia,” tegasnya. Selain UMKM yang membuka lapak berjumlah makanan dan kerajinan, PetroNite Fest ini juga terdapat stan otomotif, properti dan wahana permainan anak yang dapat dikunjungi dan dinikmati masyarakat selama 9 hari ke depan, mulai 29 Juli sampai 6 Agustus 2023. 

“Selama 9 hari, panitia penyelenggara menargetkan transaksi sebesar Rp 10 miliar,” kata Ketut. Artinya, perputaran uang atau transaksi rata-rata Rp 1,1 miliar per hari.  Panitia optimistis target itu bisa teralisasi. “Transaksi ini yang tentunya diharapkan dapat mendongkrak roda perekonomian warga Gresik,” tegas Ketut Rusnawa. 

Pembukaan PetroNite Fest 2023 ini diawali dengan Tari Pencak Macan, kemudian Tari Reog. Selain kesenian tradisional, juga menampilkan band musik keroncong. Ribuan pasang mata seakan tidak berkedip menyaksikan hiburan rakyat yang dihadiri oleh Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom serta para jajaran pimpinan anak usaha perusahaan pelat merah berpusat di Gresik itu. (yad)