Hadirnya RBBA Dorong Minat Baca Warga Mengunjungi Perpustakaan di Gresik 

GRESIK,1minute.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik terus mendorong kegiatan literasi sekolah dan warga. Untuk mendorong meningkatkan minat baca ini, mulai anak-anak, Pemkab Gresik telah membangun ruang baca dan bermain anak (RBBA) di tiap kecamatan.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik mencatat sebanyak 21 ribu lebih masyarakat menjadi pengunjung perpustakaan RBBA yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Gresik periode Januari sampai Desember 2022. 

“Ketika kita suka membaca dan berinteraksi dengan siapa pun pasti SDM kita akan berkualitas. Maka ini kita kenalkan mulai dari anak-anak agar mereka terbiasa untuk membaca. Dan tidak terbatas dalam bentuk fisik, tapi juga digital,” kata Wakil Bupati berlatar pendidik dalam.talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik pada Kamis, 3 Agustus 2023. 

Kegiatan yang mengusung tema “Semangat untuk Sehat, Menuju Gresik Sehati dengan Literasi” ini diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik ini dihadiri sekitar 150 peserta. Tampak hadir dalam kegiatan itu, antara lain, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, dan Anggota Komisi X DPR RI Debby Kurniawan serta Forkopimda Gresik. 

Berdirinya RBBA ini, telah menumbuhkan minat baca serta mendukung dukungan pelajar dan warga gemar membaca. Dengan ada RBBA itu dapat menumbuhkan literasi dan memberikan pengetahuan serta wawasan bagi anak-anak tentang informasi yang belum di ketahui.

Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah melanjutkan, dengan meningkatnya minat baca menambahkan pengetahuan masyarakat akan terus meningkat. Antara lain, pengetahuan tentang pola hidup sehat sehingga meningkatkan  kualitas kesehatan masyarakat Peningkatan kualitas kesehatan, salah satu program prioritas di Nawa Karsa. 

“Ada banyak kebijakan positif terkait kesehatan di Kabupaten Gresik. Ini tentu saja karena kami ingin seluruh masyarakat Gresik sehat semua,” imbuhnya. (yad)