Tradisi Rabu Wekasan, Warga Desa Kembangan Nguri-uri Budaya di Telaga Sumber yang Dibangun Sunan Giri

GRESIK,1minute.id – Telaga Sumber di Dusun Sumber, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik lebih ramai dari biasanya pada Rabu, 13 September 2023. Lokasi tepatnya telaga peninggalan Kanjeng Sunan Giri pada 1479 Masehi itu dalam kompleks Masjid Agung Gresik (MAG). Sejak dibangun 544 tahun silam oleh Sunan Giri, air telaga itu tidak pernah Sat alias kering meski di musim kemarau. 

Warga memanfaatkan air telaga itu untuk mandi, dan air minum. Air telaga itu juga untuk irigasi pertanian warga sekitar. Ratusan warga Desa Kembangan memadati area telaga itu untuk menggelar tradisi Rabo Wekasan. Rabu Wekasan atau Rabu terakhir di bulan Safar tahun ini bertepatan 13 September 2023. Ratusan warga tersebut menggelar doa dan selamatan sebagai rasa syukur telah mendapatkan rezeki, kesehatan dan keselamatan.

Tradisi Doa dan Selamatan pada Rabu Wekasan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. Kepala Desa Kembangan Ngadimin serta Forkopimcam Kebomas, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Antara lain, KH Ahmad Zakaria Al Ansori.

Pada kesempatan itu, Wabup perempuan pertama di Kabupaten Gresik itu mengajak warga sekitar untuk  memelihara kebersihan Telaga sumber yang dibuat oleh Kanjeng Sunan Giri tersebut.

“Menurut sejarah, telaga sumber ini merupakan telaga pertama yang dibuat oleh Mbah Kanjeng Sunan Giri sekitar 1479 Masehi. Hingga sekarang telaga sumber ini tidak pernah kering, mari kita jaga agar air dari telaga sumber ini bisa dapat terus dimanfaatkan oleh warga,” harapnya. 

Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah ini mengapresiasi warga Desa Kembangan dalam menjaga tradisi. “Untuk itu, mari kita berdoa dan bersyukur meminta kepada Allah untuk dijauhkan dari bala dan bencana,” katanya.  (yad)