Ditinggal Salat Subuh, Rumah Hangus Terbakar, Diduga Lupa Matikan Tungku Kayu Bakar

GRESIK,1minute.id – Bencana kebakaran itu kembali terjadi di kabupaten Gresik. Tadi pagi, Ahad, 17 September 2023 musibah menimpa Aswan. Rumah lelaki di Desa Petung, Kecamatan Dukun itu hangus menjadi arang. Tidak korban jiwa dalam kejadian kebakaran kali ke-61 di bulan September 2023 ini. Dugaan sementara masih dalam penyelidikan. 

Informasi yang dihimpun dari petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkarmat) Gresik kebakaran terjadi pukul 04.45 WIB. Pagi pemilik rumah Aswan sedang pergi ke musala untuk menjalankan Salat Subuh berjamaah. Aswan melakukan aktivitas memasak masih menggunakan bahan bakar kayu menggunakan tungku pembakaran. Aswan ditengarai lupa memadamkan tungku api untuk memasak nasi tersebut. 

“Informasi dari tetangga awal mula titik api muncul dari bagian dapur rumah korban,” kata Kepala Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Ahad, 17 September 2023. Dalam dapur rumah semi permanen itu terdapat peralatan memasak dan bahan yang mudah terbakar. “Api sangat cepat membesar karena bangunan rumah korban mayoritas dari Kayu,” imbuh Sinaga. Korban Aswan melaporkan kejadian yang dialami kepada Dinas Damkarmat Gresik pada Pos Damkar Kecamatan Dukun. Upaya warga memadamkan api secara bergotong royong belum bisa menjinakkan amuk si jago merah. Tatkala, 

tim Damkar Pos Dukun tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 05.10 WIB. Tim Damkar berjumlah enam orang yakni Maskur ; Awaludin Jamil ; M. NAfis Nabawi ; Rudi Cahyono ;  Erik dan Zainut api sudah hampir membakar seluruh bangunan rumah. Mereka mengendarai satu unit mobil pemadam dan satu unit mobil suplai air. (yad)