Desa Randuboto Kini Memiliki Amazon Van Java, Kapal Mini Feri, Segera Layar Perdana dari Dermaga Minapolitan Randuboto 

GRESIK,1minute.id – The Minion Ferry Boat Amazon Van Java Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik rencananya berlayar perdana pada Rabu, 20 September 2023. Kapal mini feri berbahan baja ini memiliki panjang 28,63 meter dan lebar 8,40 meter. Kapal feri telah mendapatkan persetujuan berlayar dari Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan, Kepala Sub Direktorat Sarana Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Kementerian Perhubungan.

Kabarnya izin kapal mini feri dari Kementerian Perhubungan ini adalah kali pertama di Indonesia untuk kapal penyebrangan sungai dan danau yang dikelola oleh Badan usaha milik Desa (BUMDes) itu.

Kepala Desa Randuboto Andhi Sulandra mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan persiapan pelayaran perdana Amazon van Java pada Rabu, 20 September 2023 nanti. Kapal feri itu akan berangkat perdana dari Dermaga Minapolitan Randuboto, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik sekitar pukul 13.00 WIB. “Mohon doanya,” kata Andhi Sulandra melalui pesan WhatApps pada Sabtu, 16 September 2023. Amazon van Java adalah kapal Penyeberangan berbahan baja dengan berat kotor 50 grosstonase (GT). Kapal itu  bisa mengangkut dua unit truk beserta muatan itu bakal menjadi nafas baru kebangkitan ekonomi masyarakat desa setempat. 

Desa Randuboto sendiri memiliki 4 dusun yaitu: Dusun Randuboto, Tanjungsari, Ujungsari, dan Ujung Timur yang letaknya di seberang sungai Bengawan Solo. Selama ini, transportasi menuju Dusun Ujung Timur yang berada seberang hanya menggunakan perahu tambang. Untuk angkutan barang sangat sulit sehingga proses pembangunan di dusun tersebut membutuhkan biaya lebih mahal. Setelah kapal Amazon Van Java resmi beroperasi pembangunan di dusun tersebut akan semakin cepat. Kemudahan transportasi akan berdampak besar untuk percepatan pertumbuhan ekonomi di sana. 

“Estimasi kami, Amazon van Java bisa 50 kali penyebrangan dalam sehari. Kapal ini untuk menunjang program DAK PPKT 2023 kementrian PUPR,” ujar Andhi Sulandra. 

Desa Randuboto menjadi perhatian publik bahkan pemerintah pusat setelah ditetapkan sebagai pilot project Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. Desa Randuboto sebagai Kawasan integrasi di bantaran atau Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo semakin terlihat elok. 

Keberhasilan inilah yang membuat perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian PUPR, dan penerima DAK dari 47 Kabupaten/kota di 27 provinsi hadir di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. Mereka pun mengunjungi Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu itu pada Kamis, 11 Mei 2023 lalu. Kunjungan peserta kegiatan peningkatan kapasitas pemerintah daerah melalui Horizontal Learning DAK tematik pengentasan permukiman kumuh terpadu ini juga diikuti lebih kurang 1.400 peserta secara online. (yad)