Air Umbulan Pasuruan, Desember Mengalir ke Rumah Warga di Kecamatan Duduksampeyan 

GRESIK,1minute.id – Penantian panjang ribuan warga di Kecamatan Duduksampeyan bisa menikmati air bersih segera terwujud. Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti menargetkan air bersih dari sumber air Umbulan, Pasuruan itu pada Desember 2023 nanti.

Target realisasi itu diungkapkan Diana Kusumastuti usai meninjau langsung Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan SPAM Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur di Kecamatan Manyar pada Kamis, 28 September 2023. Rombongan tiba di proyek Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan SPAM Regional Umbulan sekitar pukul 12.00 WIB. Mereka disambut oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Kepela Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Gresik Ida Lailatussa’diyah.

Saat ini progres pekerjaan sampai September 2023 mencapai 77,67 persen dengan target penyelesaian di akhir Desember 2023.  Rombongan kemudian berjalan kaki menuju lokasi Pemasangan pipa HDPE diameter 630 mm metode HDD crossing jalan Tol Surabaya – Gresik overpass Suci, Manyar.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Diana Kusumastuti mengatakan, dengan adanya pemasangan pipa ini, air Umbulan yang memiliki debit air 4.000 liter per detik bisa menambah sambungan rumah di Gresik. Diharapkan bisa menambah 14.500 sambungan rumah, dimanfaatkan oleh masyarakat. 

“Bulan Oktober Insya Allah selesai, mudah-mudahan Desember air sudah bisa ngalir ke masyarakat,” ujarnya. Air Umbulan Pasuruan ini memiliki kualitas baik dan layak untuk minum. Sejumlah desa telah menikmati air Umbulan itu. Antara lain, warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Ribuan warga Desa Kedanyang itu bisa menikmati air bersih setelah menunggu kurang lebih 30 tahun. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang mewujudkan impian warga tersebut. 

Bila proyek Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan SPAM Regional Umbulan kelar sesuai target, masyarakat yang menikmati air bersih dari Umbulan, Pasuruan itu semakin meluas. Diantaranya, warga Kecamatan Duduksampeyan. 

Diana Kusumastuti melanjutkan bulan Oktober pemasangan pipa telah selesai, akan dilakukan flushing kemudian tes comisioning dan uji alir paling lambat sampai bulan Desember. Setelah selesai semuanya, air bisa mengalir ke sambungan rumah.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya selalu memberikan perhatian kepada Pemkab Gresik dan masyarakat Gresik. Pria yang akrab disapa Gus Yani menyampaikan otomatis dengan adanya utilitas baru ini, terus akan menambah daya serapan sambungan pipa Perumda Giri Tirta.

“Insya allah tahun ini sudah selesai, reservoir di Bunder juga tuntas. Kita bisa mendorong air hingga ke Kecamatan Duduksampeyan. Kedanyang, Kebomas tahun ini sudah keluar airnya, Insya Allah Kecamatan Duduksampeyan. Saat ini progres pemasangan sambungan rumah, kami apresiasi dan terimakasih air ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Gresik,” kata Gus Yani. (yad)