Kali Pertama Jambore Pramuka Di Pulau Bawean, Bupati Gresik : Pramuka Bentuk Kepribadian Akhlak Mulia 

GRESIK,1minute.id – Jambore dan Perkemahan Wirakarya Kwarcab Gresik 2023 digelar di Pulau Bawean. Kali pertama kurun waktu 5 tahun terakhir ini. Bupati Gresik Fandi Akhmad yang membuka acara kepanduan se-Kabupaten Gresik itu pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam amanatnya menuturkan, gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok dalam menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter. Caranya adalah melalui pendidikan kepramukaan yang merupakan proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

“Perlu dipahami kita semua bahwa, pendidikan kepramukaan dalam sistem pendidikan nasional termasuk dalam jalur pendidikan nonformal. Pendidikan kepramukaan ini diperkaya dengan nilai-nilai kepramukaan dalam membentuk kepribadian yang berakhlakul mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup,” ujar Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Jambore dan Perkemahan Wirakarya Kwarcab Gresik 2023 diikuti sebanyak 621 peserta pramuka dan 95 panitia, bertolak dari Pelabuhan Gresik dengan menggunakan Kapal Perang KRI LST Teluk Banten. Kegiatan ini mengangkat tema “Milenial, Agamis, Nasionalis, Trampil, Atraktif, dan Produktif (Mantap) berlangsung hingga 17 Oktober 2023 nanti.

Jambore dan Perkemahan Wirakarya ini merupakan pertemuan Pramuka Penggalang, dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat ranting sampai tingkat Kabupaten. 

Di dalamnya, terdapat banyak kegiatan yang meliputi kegiatan umum, karya bakti, out bound, Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda), dan Pembina Pendamping (Bindamping). Selain Bupati, pembukaan Jambore dan Perkemahan Wirakarya ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gresik Aminatun Habibah. Tampak hadir pula, Dandim 0817 Gresik Ahmad Saleh Rahanar, serta jajaran Eselon II dan Camat se-Kabupaten Gresik.

Gus Yani menyebut, tema yang diusung dalam kegiatan ini juga sangat sesuai dengan perkembangan era teknologi saat ini. Dikatakan bahwa, penggunaan internet sebagai media komunikasi membawa banyak tantangan baru.

Di antaranya adalah mudahnya penyebaran ideologi yang menyimpang lewat media sosial, kurangnya pengawasan penggunaan teknologi informasi, serta munculnya banyak berita hoaks atau berita bohong melalui media sosial. (yad)