Bus TransJatim Koridor III, Mojokerto- Balongpanggang, Gresik Beroperasi

GRESIK,1minute.id – Modal transportasi umum, TransJatim Koridor III resmi beroperasi pada Rabu, 18 Oktober 2023. Transportasi publik rute Mojokerto – Gresik bertema SUHITA (Sarana Transportasi Umum Handal Irit Tepat Waktu dan Akurat) itu diluncurkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di wisata Bukit Kayu Putih, Jetis, Mojokerto.

Bus TransJatim koridor III menyambungkan Kota/Kabupaten Mojokerto dengan Kabupaten Gresik. Trayeknya dari Terminal Kertajaya, Jalan Jayanegara, Jalan Pahlawan, Jalan Gajah Mada, Jalan Raya Mlirip, Terminal Lespadangan, Kupang, Watu Blorok, Dawarblandong, berakhir di Terminal Pasar Sapi, Desa/Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur atas peluncuran Bus TransJatim Koridor III ini. Menurutnya, kehadiran bus ini menjadi program prioritas penyediaan angkutan masal yang murah dan nyaman. “Mudah-mudahan memberikan manfaat dengan multiplier effect yang besar percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Gresik,” kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Akhir tahun ini destinasi wisata Gresik Universal Saint (GUS), museum digital art dan perpustakaan di Kecamatan Balongpanggang akan segera selesai. Wisata yang ada di Balongpanggang akan terintegrasi dengan wisata yang ada di Mojokerto.

“Dengan adanya Bus TransJatim ini diharapkan mampu mempercepat pergerakan ekonomi, pergerakan sosial dan pergerakan pendidikan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, setelah koridor III ada penambahan koridor yang menghubungkan Gresik dengan Pelabuhan Paciran Lamongan. Menurutnya rute ini akan mempermudah warga Bawean yang akan ke Gresik atau sebaliknya.

“Semoga harapan ini terealisasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan. Selain memberikan kemudahan akses, tetapi juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan tingkat kecelakaan di wilayah Pantura,” tandasnya.

Mita, salah seorang warga Desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang menyambut gembira beroperasinya bus TransJatim koridor III. Sebab, moda transportasi massal ini selain murah dan nyaman. Harga tiket Bus TransJatim jauh-dekat sebesar Rp 5 ribu. Sedangkan, pelajar dan santri tiket seharga Rp 2.500 per penumpang. Operasional pelayanan dari jam 05.00 – 21.00 WIB. Fasilitas terdapat 20 tempat duduk dan bangku khusus untuk Ibu hamil dan Difabel.

“Tarif yang murah dan efisien. Kedepannya kalau bisa ada penambahan rute lagi seperti Balongpanggang – Gresik Kota atau lainnya,” harapnya.Bus Trans Jatim Koridor III SUHITA akan menerapkan tarif Rp 5000 untuk umum. Sedangkan untuk pelajar dan santri tarif yang dikenakan adalah Rp 2.500. 

Jumlah 20 armada Bus dan 2 cadangan 10 berangkat dari Terminal Kertajaya Mojokerto dan 10 Bus berangkat dari terminal Balongpanggang Gresik. Dengan jarak 30 km terdapat 20 halte masing-masing 10 dari sisi kanan dan kiri. sEekesaińpula Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jatim Agung Mulyono, KA Dishub Prov Jatim Nyono, Dirut Bank Jatim Busrul Iman, Kepala Cabang Utama Jasa Raharja Jatim Tamrin Silalahi, Pj Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Jatim Meralih Sukma, Camat Balongpanggang Muhammad Amri. (*)