2030 : Pemkab Gresik Targetkan Nol Kasus ODHA 

GRESIK,1minute.id –  Kabupaten Gresik menargetkan angka kasus HIV/AIDS menjadi 0 pada 2030. Hal ini terungkap dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (monev) Program HIV/AIDS yang diinisiasi Dinas Kesehatan Gresik di Ruang Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik pada Jumat, 10 November 2023.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah itu dihadiri antara lain,  Penanggung Jawab Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan  Jawa Timur Eka Putri Lestari, Kepala Dinas Kesehatan Gresik dr Mukhibatul Khusnah, para Kepala Bidang pada Dinas Kesehatan Gresik, Komisi Penanggulangan AIDS Gresik, dan seluruh kepala rumah sakit dan puskesmas. 

“Kegiatan hari ini bertepatan dengan hari pahlawan, mudah-mudahan kita mempunyai semangat pahlawan dalam memberantas HIV/AIDS di Kabupaten Gresik,” ujar Wakil Bupati Aminatun Habibah saat membuka acara. 

Monev, kata Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah digelar dalam rangka mencari strategi bagi elemen di Gresik terutama individu yang ada di sektor kesehatan dalam mengurangi sekaligus mengeleminasi kasus HIV/AIDS. “Hal ini, sejalan dengan cita-cita kita bersama yakni 0 kasus HIV/AIDS pada 2030,” kata Wabup perempuan berlatar pendidik itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik dr Mukhibatul Khusnah mengungkapkan bahwa hingga bulan Oktober 2023 angka kasus orang dengan HIV/AIDS (ODHA) tercatat 195 kasus.

“Ini yang perlu menjadi perhatian kita bersama. Karenanya lewat kegiatan ini kita akan perkuat lagi manajemen kegiatan pencegahan penularan dari Ibu dan Anak (PPIA). Sehingga harapannya saat kita menemukan kasus, bisa segera kita tangani dan kendalikan,” ujarnya. (yad)