Kick Off PHI-95, Wabup Gresik: Keberhasilan Pembangunan Tidak Lepas Peran Perempuan 

GRESIK,1minute.id – Ribuan perempuan dari berbagai profesi, kalangan dan usia berkumpul di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa, 14 November 2023. Para emak-emak berkumpul untuk menandai Kick Off Peringatan Hari Ibu (PHI) yang dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin itu.

Wakil Bupati Gresik Aminatun, diantara ribuan perempuan yang hadir di acara tersebut. Sejumlah rencana kegiatan akan digelar pada PHI yang diperingati setiap 22 Desember yang akan memasuki 95 tahun itu.

Pelaksanaan PHI-ke 95 mengangkat tema utama “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, yang memiliki 4 sub tema yakni Perempuan Bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempuan Peduli, Perempuan dan Revolusi. 

Empat sub tema tersebut diambil untuk membingkai semangat dan gerakan perempuan yang selanjutnya akan didetailkan melalui kegiatan-kegiatan yang relevan, yang akan menjadi rangkaian dari keseluruhan PHI ke-95..Menurut Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, keberhasilan daerah dalam aspek pembangunan, tak lepas dari peran perempuan didalamnya. Keterlibatan perempuan ini untuk mewujudkan kesetaraan gender dan pemenuhan hak dasar perempuan dalam lingkup perencanaan, pelaksanaan hingga tindaklanjut program pembangunan daerah.

Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Daerah (Perda) untuk Pengarusutamaan Gender dalam rangka bersama-sama ikut terlibat pembangunan Kabupaten Gresik.

“Perencanaan, jalannya roda pemerintahan dimana semuanya melibatkan peran perempuan di Kabupaten Gresik ini masih sangat dibutuhkan,” kata Wakil Bupati perempuan pertama di Kabupaten Gresik ini. 

Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah ini berharap momentum PHI ini harus menjadi penyemangat serta mengingatkan semua perempuan di Kabupaten Gresik untuk terus termotivasi. “Agar para perempuan selalu menanamkan dalam diri dan pikirannya, bahwa mereka adalah sosok yang kuat, tangguh, dan berdaya. Sosok yang berani bermimpi dan mampu mewujudkannya,” pesan Bu Min.

Wujud kesetaraan gender dan keterlibatan perempuan dalam memegang peranan strategis didalam pemerintah, lanjut Bu Min, dibuktikan dengan adanya sejumlah OPD di Pemerintah Kabupaten Gresik yang dipimpin oleh perempuan. Diantaranya Kepala Dinas KBPPPA, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kominfo serta Dinas CKPKP.

“Saya hadir tidak hanya sebagai Wakil Bupati, namun juga mewakili seluruh perempuan dari berbagai kalangan dan profesi yang ada di Gresik. Saya terkesima dengan semangat para perempuan kemajuan bangsa, khususnya di Kabupaten Gresik,” imbuhnya. (yad)