Limbah Kayu PT Asia Raya Industri Jadi Abu, Damkarmat Butuh 12 Jam Memadamkan Api

GRESIK,1minute.id – Limbah kayu PT Asia Raya Industri terbakar. Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkarmat) Gresik membutuhkan 12 jam untuk menjinakkan api di pabrik berlokasi di Jalan Mayjend Sungkono, Desa Prambangan, Kecamatan Kebomas itu

“Tadi malam pukul 23.45 WIB baru selesai pemadaman,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Kamis, 16 November 2023. 

Kebakaran limbah pabrik kayu PT Asia Raya Industri itu terjadi mulai Rabu, 15 November 2023. Sekitar pukul 10.05 WIB seorang warga melaporkan kebakaran tersebut. Kondisi cuaca saat sangat terik, suhu udara Sekitar 34 derajat celcius. Sejumlah pekerja tiba-tiba melihat kobaran api yang membakar limbah sampah kayu tersebut. Tidak diketahui penyebab kebakaran tersebut. 

Hembusan angin dan material limbah sampah potongan kayu kecil sehingga api melebar ke area limbah kayu sekitar dengan cepat. Kobaran api membuat seorang karyawan di pabrik sebelah khawatir sehingga melaporkan kejadian itu kepada petugas Damkarmat Gresik. Tiga unit mobil Damkarmat Gresik dikerahkan. Namun, karena material yang terbakar adalah tumpukan limbah kayu sehingga petugas membutuhkan waktu cukup lama. 12 jam. “Untung selama proses pemadaman kami mendapatkan suplai air,” kata Sinaga. 

Kebakaran yang terjadi di pabrik kayu PT Asia Raya Industri ini menambah panjang daftar musibah kebakaran yang terjadi di Kota Industri-sebutan Lain-Kabupaten Gresik ini.  Dara Damkarmat Gresik sampai 15 November 2023 tercatat 33 kejadian kebakaran. Artinya, rata-rata 2 kejadian kebakaran setiap harinya. “Kami belum mengetahui penyebab kebakarannya,” tegasnya. (yad)