Kali Lamong Meluap, 7 Desa di Balongpanggang Terendam 

GRESIK,1minute.id – Musim hujan tiba. Kali Lamong kembali meluap pada Jumat, 8 Desember 2023. Sebanyak 7 Desa di Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik terendam air kiriman dari hulu yang berada di Kabupaten Lamongan dan Mojokerto itu. Tujuh desa yang terendam air banjir Kali Lamong itu, yaitu Desa Dapet ; Desa Ngampel ; Desa Sekarputi ; Desa Wotansari ; Desa Karangsemanding ; Desa Banjaragung dan Desa Pucung.

Menurut Camat Balongpanggang Muhammad Amri, banjir Kali Lamong mulai datang Badal Subuh sekitar pukul 04.00 WIB. Air luapan itu terjadi karena Kali Lamong tidak bisa menampung volume yang sangat besar karena beberapa kali hujan terjadi di bagian hulu. Namun, air cepat surut.  Di beberapa desa masing masing jalan poros Desa dan jalan lingkungan sudah tidak ada genangan dan sudah bisa di lewati, sebagian pemukiman warga sudah mulai tidak ada genangan air. 

“Jam 4 sore tadi sebagian besar sudah surut. Yang tersisa ada di dua desa yaitu Desa Pucung dan Wotansari,” kata Muhammad Amri dikonfirmasi 1minute.id pada Jumat malam, 8 Desember 2023.

Puluhan unit rumah dan puluhan hektar tanaman padi terendam. Padi yang siap panen pada musim tanam Oktober-Maret (Okmar) itu terancam puso alias gagal panen. Amri mengatakan, sebenarnya di sejumlah desa yang terendam banjir Kali Lamong itu telah dilakukan normalisasi pada musim kemarau lalu. Kondisi bantaran Kali Lamong di beberapa desa ditengarai terjadi longsor. Sehingga menimbulkan pendangkalan lagi. 

“Butuh perawatan berkala karena pasti ada abrasi baik karena kekeringan atau musim hujan,” katanya. Untuk diketahui tiga tahun terakhir ini, pemerintah kabupaten (Pemkab) Gresik telah melakukan normalisasi Kali Lamong yang melintas di Kabupaten Gresik sepanjang 58 kilometer itu. Total panjang Kali Lamong 103 kilometer. Kali Lamong melintasi Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Gresik dan Surabaya. (yad)