Pemkab, TNI dan Polri Sinergi Bersih-bersih Sampah di Pasar Baru Gresik 

GRESIK,1minute.id – Pemerintah Kabupaten Gresik, Kodim 0817/Gresik dan Polres Gresik melakukan aksi bersih-bersih di Pasar Baru Gresik (PBG) pada Jumat, 8 Desember 2023. Sinergi dan kolaborasi ketiga institusi untuk menciptakan suasana pasar tradisional berlokasi di Jalan Gubernur Suryo, Gresik itu bersih dan nyaman. 

Karya bakti ini dipimpin oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar. 

“Ini gagasan yang luar biasa, kegiatan karya bakti pada area Pasar Baru Gresik. Harus kita ingat bahwa pasar ini adalah pasar kita, Pasar Kabupaten Gresik. Yang artinya pemanfaatannya akan sangat luas bagi masyarakat di Kabupaten Gresik,” ujar GusYani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani saat membuka kegiatan.

Menurutnya, kegiatan karya bakti menyasar wilayah pasar, merupakan suatu pilihan yang strategis. Sebab, pasar merupakan salah satu fasilitas umum masyarakat, yang juga dapat menggerakkan roda perekonomian wilayah. Dengan lingkungan yang bersih, diharapkan kenyamanan dan kesehatan masyarakat saat beraktifitas di pasar dan area sekitarnya bisa terjamin. 

“Kegiatan ini tidak hanya akan dilakukan disini saja. Insya Allah kita akan replikasi untuk terus dilakukan secara berkelanjutan di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Gresik. Bersama, kita juga canangkan gerakan menanam pohon tiap hari Jumat, dengan tagline “Gresik Lestari, Menanam Sampai Mati,” ujar mantan Ketua DPRD Gresik itu.

Selain melakukan bersih-bersih pasar, juga dilakukan penanaman pohon dan membersihkan saluran air di sekitar area pasar itu. Aksi “semut” alias semangat memungut sampah adalah bagian mitigasi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Gresik. Sebab, saat ini musim hujan telah tiba. Bupati Fandi Akhmad Yani juga meminta kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Mari buang sampah pada tempatnya,” ajak Gus Yani kepada sejumlah warga yang ditemui di lokasi karya bakti tersebut. (yad)