Diduga Lupa Matikan Obat Anti Nyamuk Bakar, Warkop dan Toko Sembako Ludes Terbakar 

GRESIK,1minute.id – Kebakaran tempat usaha kembali terjadi di Gresik. Dua unit toko kelontong dan warung kopi ludes terbakar pada Sabtu, 9 Desember 2023. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kali keenam di bulan Desember ini. Penyebab kebakaran di duga dari obat anti nyamuk. Kok bisa?

Informasi yang dihimpun menyebutkan sekitar pukul 07.05 WIB asap muncul dari dalam warung kopi milik Suwarno berada di Jalan Veteran V, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Pagi itu, masih warkop tutup. Pemiliknya sedang keluar untuk belanja kebutuhan usahanya. Entah karena terburu-buru Suwarno diduga lupa mematikan obat anti nyamuk bakar yang berada bagian dalam kamar warkop tersebut. 

Obat anti nyamuk bakar itu kemudian membakar kasur. Asap berubah menjadi nyala api. Sejumlah barang yang ada di warkop semi permanen membuat lidah api cepat membesar dan merembet ke toko kelontong milik Yulinar Ambarwati. Api semakin membesar. Warga di perkampungan itu panik. Apalagi upaya warga melakukan pemadaman tidak membuahkan hasil. Iqbal, salah satu warga setempat menghubungi petugas damkar. Api semakin besar dan membakar semua barang. Ada  mulai sepeda onthel, sembilan tabung elpiji melon. Dan, barang sembako lainnya.

Dua unit mobil damkar dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik tiba di tempat kejadian kebakaran (TKK) sekitar pukul 07.21 WIB atau sekitar 5 menit setelah menerima laporan warga. Damkar Gresik dibantu damkar dari Semen Gresik akhirnya bisa mengusai amuk si jago merah. 

“Meski musim hujan, sebelum meninggal rumah pastikan semua Dalam kondisi aman,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga. (yad)