Stadion G-JOS Di Make Over, Rumput Diganti, Tribun Di Cat dan Ada Kursi Penonton 

GRESIK,1minute.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dikabarkan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 75 miliar. Anggaran puluhan miliar diantaranya untuk melakukan make over Stadion Gelora Joko Samudro (G-JOS). Sadion yang menjadi home base Gresik United diajang Liga 2 itu akan semakin ciamik. Apik.

Perbaikan sejumlah fasilitas di stadion berlokasi di Jalan Veteran, Desa Segoromadu, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik untuk meningkatkan performance sehingga bisa memenuhi standar FIFA dimulai tahun depan.

Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP) Pemkab Gresik Ida Lailatussa’diyah mengatakan, perbaikan stadion G-JOS ini didapatkan setelah Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat. Perbaikan G-JOS, satu paket dengan Stadion Gelora Delta Stadium, Sidoarjo dan Stadion Gelora Bangkalan (SGB). “PUPR telah membuka lelang paket pekerjaan itu pada Desember 2023. Pekerjaan dilakukan tahun depan,” kata Ida Lailatussa’diyah dalam Ngopi Bareng bersama wartawan pada Jumat, 15 Desember 2023.

Apa saja, perbaikan yang dilakukan di stadiun aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik itu? Ida Lailatussa’diyah menjlentrehkan perbaikan yang akan dilakukan antara lain, pengecatakan stadion, ada bangunan yang putus dilakukan penyambungan, retak-retak diperbaiki. Selain itu, penggantian di lapangan yang berkapasitas 25 ribu penonton tersebut. “Rumput diganti semua,”katanya. Kemudian, penggantian kaca stadion yang pecah. Tribun akan di cat dan di kasih kursi. “Untuk kursi ekonomi tidak bisa di lipat. Sedangkan, kursi VIP dan VVIP ada busa dan bisa di lipat,” terangnya. 

Berapa anggaran untuk make over G-JOS tersebut? Ida menyatakan, perbaikan dilakukan oleh pemerintah pusat. “Kami nanti hanya menerima hibah bila pekerjaan sudah selesai dilakukan. Jadi, alokasi anggaran pemerintah pusat yang mengetahuinya,” katanya. Informasi yang dihimpun pascatragedi Kanjuruhan, Malang, pemerintah pusat melakukan perbaikan sebanyak 22 stadiun di Indonesia. Perbaikan G-JOS,  salah satunya. Perbaikan stadion G-JOS. Paket pekerjaan perbaikan diperkirakan sebesar Rp 75 miliar. (yad)