Ini 9 Desa Nomine Nawa Karsa Award 2024, Puding Sayur Desa Masangan Sejahterakan Warga

GRESIK,1minute.id – Tim penilai telah menetapkan sembilan nominator Nawa Karsa Award 2024. Sembilan desa itu dinilai mampu menyelaraskan dengan kebijakan pemerintah daerah. Berpotensi menjadi duta Gresik diajang inovasi pelayanan tingkat Provinsi Jatim.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik Abu Hassan, sembilan desa yang masuk nominasi Nawa Karsa Award 2024 yakni Desa Banjaragung, Kecamatan Balongpanggang ; Desa Klangonan (Kebomas) ; Desa Dampaan (Cerme) dan Desa Masangan (Bungah). Berikutnya, Desa Delegan (Panceng) ; Desa  Petiken (Driyorejo) ; Desa Kedunganyar (Wringinanom) ; Desa Pangkahwetan (Ujungpangkah) dan Desa Pongangan (Manyar).

“Sembilan nominator desa yang lolos dinilai mampu menyelaraskan dengan kebijakan pemerintah daerah. Ini juga dalam rangka pembinaan untuk lomba di tingkat provinsi,” kata Abu Hassan  saat bersama Tim Nawa Karsa Award 2024 di Desa Masangan pada Jumat, 8 Maret 2024. Kedatangan tim penilai untuk melakukan penilaian paparan dan uji lapangan untuk menggali lebih dalam potensi dan inovasi Pemerintahan Desa.

Nawa Karsa Award 2024 diikuti 330 Desa dan 26 Kelurahan se-Kabupaten Gresik. Desa Masangan masuk nomine desa terbaik  dalam menjaga kebersihan lingkungan dan pemanfaatan potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat.

“Salah satunya punya ketahanan pangan berupa kampung sayur dan olahan makanan serta minuman,” kata Camat Bungah Moh Izzul Muttaqin kepada wartawan pada Jumat, 8 Maret 2024. Izzul menyebut produk ketahanan pangan di Desa Masangan, diantaranya, puding sayur, tempe, kripik tempe, sinom dan lainnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Masangan Suyanto mengaku tidak menyangka bisa mssuk 9 Nominasi Nawa Karsa Award 2024. “Desa Masangan menjadi Top 9 Desa terbaik Nawa Karsa Award dalam Lomba Desa/Kelurahan dan Lomba Pelaksanaan Terbaik 10 Program Pokok PKK Tahun 2024,” ujar Suyanto.

Raihan positif itu, meneguhkan komitmen Desa Masangan dalam berinovasi serta meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui sarana digital sesuai program Nawa Karsa Bupati Gresik dan Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani – Aminatun Habibah. Nawa Karsa, Gresik AKAS (Amanah, Kolaboratif, Antisipatif dan Sigap).

“Pemdes Masangan terus berkomitmen memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Desa. Masyarakat desa juga berhak mendapatkan informasi dari Pemerintah Desa serta mengawasi kegiatan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa,”ungkapnya. (yad)